Senin, 15 April 2019 05:00 WITA

Keutamaan Salat Isya dan Subuh Berjamaah

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Keutamaan Salat Isya dan Subuh Berjamaah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Bagi umat Islam terdapat anjuran untuk melaksanakan salat fardlu atau wajib secara berjemaah di masjid. Sebab, banyak keutamaan yang terkandung dari salat berjamaah.

Hanya saja, dari semua salat fardhu, salat Isya dan Subuh sangat penting untuk kita perhatikan lebih karena kedua salat ini memiliki keutamaan khusus ketika dilaksanakan secara berjamaah.

Di antara keutamaan salat Isya dan Subuh secara berjemaah, selain mendapatkan keutamaan dan pahala 27 derajat, juga akan membebaskan kita dari label sebagai orang munafik. 

Hal ini karena salat Isya dan Subuh secara berjemaah sangat berat dilakukan oleh orang munafik. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda;

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah salat Isya dan salat Shubuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun mereka harus merangkak.”

Loading...

Selain itu, melaksanakan salat Isya dan Subuh secara berjamaah akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah. Bahkan dalam sebuah hadis disebutkan bahwa salat Isya secara berjemaah pahalanya seperti melaksanakan salat selama separuh malam. Sementara melaksanakan salat Shubuh secara berjamaah pahalanya seperti melaksanakan salat selama semalam penuh.

Tentu di antara kita sangat sedikit yang mampu melaksanakan salat selama separuh malam, apalagi sampai semalam penuh. Maka untuk mendapatkan keutamaan dan pahala melaksanakan salat selama separuh malam dan semalam penuh adalah dengan melaksanakan salat Isya dan Subuh secara berjemaah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Sayidina Utsman bin Affan, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

“Barangsiapa melaksanakan salat Isya’ secara berjamaah, maka dia seperti telah melaksanakan salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa melaksanakan salat Shubuh secara berjamaah, maka dia seperti telah salat seluruh malam.”

Loading...
Loading...