Minggu, 14 April 2019 14:29 WITA

Isra Mikraj Bareng Unsur Kependidikan, Judas: Ikutilah Ajaran Agama

Editor: Aswad Syam
Isra Mikraj Bareng Unsur Kependidikan, Judas: Ikutilah Ajaran Agama
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, menjabat tangan para tenaga pendidik yang hadir pada peringatan isra mikraj di Outdoor Sakotae, Palopo.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Pemerintah Kota Palopo bersama kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan Se-Kota Palopo, memperingati isra dan mikraj. 

Temanya,  "Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah sebagai Wujud Kecintaan Kita kepada Nabi Muhammad saw". Kegiatan ini bertempat di Outdoor Sakotae Kota Palopo, Minggu, 14 April 2019.

Ketua Panitia, Taufik menyampaikan, kegiata isra mikraj ini kegiatan yang pertama kalinya dilakukan selama 2 tahun ini di Outdoor Sakotae ini, bersama bapak dan ibu guru SMA/SMK, SMP/MTs, serta guru PAUD. 

Berdasarkan data pokok pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Palopo, jumlah guru secara keseluruhan yang ada, mulai dari PAUD sampai jenjang SMA/SMK total secara keseluruhan 3.490 orang. Namun yang hadir pada hari ini, hanya guru SMA/SMK, SMP/Mts serta Kepala Sekolah PAUD dan TK.

Taufik menambahkan, kegiatan isra mikraj ini dirangkaikan dengan silaturahmi bersama Pemerintah Kota Palopo.

Wali Kota Palopo, HM. Judas Amir dalam sambutannya menyampaikan, peringatan isra mikraj ini merupakan perbuatan dan muhasabah rasulullah, yang wajib diikuti dalam kehidupan sehari-hari.

"Momen isra mikraj ini, untuk kita bertemu dan bersilaturahmi bersama," ujar Judas Amir.

Ke depannya, Pemerintah Kota Palopo, akan menginformasikan kepada seluruh pegawai, baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau honorer apapun statusnya di lingkup Kota Palopo, harus membayar zakat dan diserahkan melalui gaji setiap bulan.

"Sebelum peraturan ini diberlakukan, terlebih dahulu saya sebagai Wali Kota Palopo, akan mengadakan rapat bersama seluruh kepala sekolah di Kota Palopo. Mengenai TNI, Polisi, dan Pejabat serta pegawai Bank yang ada di lingkup Kota Palopo, kami pun akan melakukan rapat bersama. Saya tidak ingin melihat ada pegawai yang beragama Islam yang ada di Kota Palopo ini, tidak membayar zakat. Apabila ada yang diketahui tidak membayar zakat, maka saya akan menyuruh pimpinan yang terkait untuk menindak lanjuti," tegasnya.

Zakat ini kata Judas, sebenarnya dibayar setiap tahun. Akan tetapi ke depannya, zakat ini akan dibayar perbulan. Ini adalah potensi besar, untuk membangun Kota Palopo dengan cara halal, yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang ada. 

Pembayaran zakat ini lanjut Judas, akan dilakukan secara berkelanjutan setiap bulannya, dan penggunaannya nanti bawah pengawasan dan pembimbingan yang baik, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dicapai, apabila zakat ini dikelola secara baik.

Loading...

"Pembayaran zakat ini adalah hasil dari konsultasi saya dengan pak Gubernur," tambahJudas Amir.

Pembawa ceramah isra mikraj adalah Ustaz Suyuti. Hikmah yang dapat diambil dari ceramah yang disampaikan, isra mikraj ditinjau dari segi pendidikan, yang hadir semuanya bagian dari pendidikan, pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia, karena pendidikan dapat mengubah pola pikir dan karakter seseorang.

"Setelah dari perjalanan isra mikraj, Nabi mendapatkan pelajaran dari perjalannya tersebut. 

Dalam hal ini membaca tidak hanya secara tulisan atau konseptual saja, tetapi membaca yang dimaksudkan adalah mampu untuk memahami segala situasi dan kondisi alam di sekitar. Membaca itu harus berulang-ulang, sebagaimana yang terdapat dalam surah Al Alaq ayat 1," ujarnya.

Ada 3 ranah yang harus diperbaiki kata ustaz, ranah kognitif membentuk akal pikiran manusia sehingga mampu membedakan baik buruknya sesuatu, efektif pembentukan karakter dan psikomotori fisik.

Apabila seorang guru tidak mampu untuk mengerti tingkah laku atau karakter seorang anak didiknya, maka guru tersebut akan selalu marah kepada muridnya. 

Manusia memvisual lewat pandangan, auditori belajar lewat pendengaran, dan hinestetik praktik.

"Kita perlu mengetahui betapa pentingnya memahami manusia dari segi kognitifnya, dalam hal ini adalah membaca , makanya itulah pentingnya membaca," pungkasnya.

Turut hadir kepala UPT SMK/SMA Provinsi wilayah 11, Bapak Yohanes, PLT Kepala Dinas Pendidikan Asir Mangopo, Sekretaris Pendidikan Herman Rahim, serta seluruh undangan yang hadir.

Loading...
Loading...