Minggu, 14 April 2019 10:01 WITA

Jokowi-Sandi Umrah, Ma'ruf Istirahat, Prabowo Siap-Siap Resmikan Masjid

Editor: Abu Asyraf
Jokowi-Sandi Umrah, Ma'ruf Istirahat, Prabowo Siap-Siap Resmikan Masjid
Pasangan capres-cawapres usai debat, Sabtu malam (13/4/2019).

RAKYATKU.COM - Masa tenang Pilpres 2019 dimanfaatkan para kandidat dengan kegiatan beragam. Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan menunaikan ibadah umrah.

Jokowi dan Sandi memastikan akan kembali ke Tanah Air sebelum pencoblosan, Rabu (17/4/2019).

"Ikhtiar manusia sudah maksimal, tentunya optimal kami kerjakan. Sekarang kita harap kepada jalan dari Allah, ridha dari Allah itu yang jadi fokus kita," kata Sandiaga Uno, Sabtu malam (13/4/2019).

Sandiaga mengatakan usaha yang telah dilakukan sudah maksimal. Selama masa kampanye dia telah mengunjungi lebih dari 1.500 titik di seluruh Indonesia. Selanjutnya, dia menyerahkan hasil dari kerja kerasnya itu kepada Allah subhanahu wata'ala.

"Kita ingin beribadah untuk kelancaran proses pemilu jujur dan adil, pemilu yang Insyallah bisa membawa Indonesia yang menang, Indonesia yang adil dan makmur," ujar mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu seperti dikutip dari Detikcom.

Jokowi juga akan berangkat ke Tanah Suci untuk ibadah umrah di masa tenang. Jokowi ingin mengisi waktu di masa tenang dengan kegiatan yang lebih khidmat. Hal itu dia benarkan saat ditanya wartawan usai debat terakhir, Sabtu malam (13/4/2019).

Sementara cawapres nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin mengaku ingin beristirahat. "Saya mau istirahat. Pak Jokowi umrah, saya enggak," ujar Ma'ruf usai debat di Hotel Sultan, Jakarta.

Ma'ruf mengatakan, selama kampanye dirinya sudah berkeliling dan kekurangan waktu berkumpul dengan keluarga. Untuk itu, ujar Ma'ruf, dia memilih akan berkumpul dengan keluarga. 

"Kan sudah sekian lama kita muter kayak jarum super, jarum super itu (kepanjangan dari) jarang di rumah suka pergi," ujar Ma'ruf Amin berseloroh.

Sedangkan capres nomor urut 01, Prabowo Subianto akan mengisi masa tenang dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya, meresmikan masjid yang dia bangun di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Loading...

"Pak Prabowo membuat masjid di Padepokan Garuda Yaksa di Bogor. Sekaligus bermunajat dan ada beberapa kegiatan lain yang cukup banyak untuk bersilaturahmi dengan beberapa tokoh," kata Fadli Zon, Sabtu malam (13/4/2019).

Masjid itu diberi nama "Nurul Wathan". Nama itu diberikan dai kondang, Ustaz Adi Hidayat saat menemui Prabowo di kediamannya, Jumat (12/3/2019). Prabowo yang meminta kepada Ustaz Adi nama yang bagus untuk masjidnya.

Di sisi lain, calon wakil presiden Sandiaga Uno akan melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandiaga, Miftah Sabri mengatakan Sandiaga akan berangkat malam ini bersama istrinya Nur Asia Uno.

"Sepertinya malam ini langsung berangkat, kemungkinan dua hari," kata Miftah di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan masa tenang selama tiga hari mulai esok hingga Selasa, 16 April 2019. Peserta pemilu beserta seluruh tim pemenangannya dilarang berkampanye di masa tenang ini.

Baca juga:  Sandiaga Jelaskan Penyebab RI Masuk Jebakan Pertumbuhan Ekonomi

"Harapan kita penyelenggaraan debat dan masa kampanye dapat menjadi referensi bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam pidatonya menutup debat kelima malam ini.

Malam ini sekaligus menjadi debat pamungkas yang mempertemukan kedua kandidat presiden-wakil presiden, Jokowi - Ma'ruf Amin dan Prabowo - Sandiaga. Debat yang membahas tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, perdagangan, dan industri ini dipandu oleh moderator Balques Manisang dan Tomy Ristanto.

Loading...
Loading...