Sabtu, 13 April 2019 13:53 WITA

Penyaluran KUR di Jeneponto untuk Petani Garam

Penulis: Zul Lallo
Editor: Aswad Syam
Penyaluran KUR di Jeneponto untuk Petani Garam
Petani garam menerima bantuan dari Kemenko Perekonomian bekerjasama dengan Himbara.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO --  Senyum cerah petani garam, menyambut kegiatan Penyaluran KUR Garam Rakyat di Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini, merupakan bagian dari Gerakan Ketahanan Pangan yang digagas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan di 4 daerah, dengan tema yang berbeda-beda. Di antaranya, KUR Peternakan, Penggilingan Padi, dan Perikanan. 

Kegiatan Penyaluran KUR Garam ini dipusatkan di Kabupaten Pamekasan dan juga dilaksanakan serentak secara live di 5 titik daerah penghasil garam, yang akan tersambung melalui media video conference.

Kabag Humas Pemkab Jeneponto Syarifuddin Lagu mengatakan, daerah penghasil garam tersebut antara lain di Kabupaten Jeneponto dan 4 daerah penghasil garam lainnya  yakni Kabupaten Rembang, Indramayu, Bima, dan Kupang.

"Untuk kegiatan penyaluran KUR Garam di Kabupaten Pamekasan, dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam," kata Syarifuddin, Sabtu (13/4/2019).

Sedangkan di Kabupaten Jeneponto dilaksanakan di Gudang Penyimpanan Garam Rakyat Desa Campagaya Kecamatan Arungkeke. Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, diwakili oleh Plt Sekda Propinsi Sulawesi Selatan Ashari Faksirie Radjamilo, Bupati Jeneponto Ikhsan Iskandar.

Selain itu, hadir jajaran Muspida, Asisten Deputy Fiscal Kemenko RI Gunawan Pribadi, Pimpinan Bank BNI, BRI Mandiri Bank Sulselbar, Asuransi Askrindo, Jamkrindo, PT Telkom dan juga melibatkan 200 peserta yang terdiri atas petani tambak garam, tokoh agama, tokoh masyarakat  serta warga sekitar. 

Loading...

Penyaluran KUR Garam Rakyat, dilatarbelakangi oleh pengoptimalan penyaluran KUR Sektor Produksi, dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No.8 tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.

Dalam praktiknya, lebih memperhatikan kebutuhan pembiayaan untuk peternak, nelayan dan petani garam. Sehingga akses pendanaan jauh lebih mudah dan tepat sasaran.

Portofolio penyaluran KUR Himbara di Sektor Garam hingga 11 April 2019 mencapai Rp68,6 miliar, dengan total debitur sebanyak 2.358 debitur sektor garam. Untuk portofolio penyaluran KUR Garam BNI sendiri mencapai Rp25,73 miliar dengan total debitur sebanyak 742 debitur.

Bupati Jeneponto Ikhsan Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Himbara dalam hal ini, BNI sebagai host,  atas pelaksanaan Penyaluran KUR Garam Rakyat di Kabupaten Jeneponto, yang dipilih karena merupakan salah satu sentra penghasil komoditas Garam di Indonesia bagian timur.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama bank Himbara, melakukan gerakan ini sebagai salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan pemerintah dalam pendampingan budidaya serta peningkatan hasil produksi dengan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Pada acara ini pula, BNI dan Bank HIMBARA  memberikan bantuan CSR berupa Bantuan Stimulan Lahan Tambak, Kincir Angin Garam, dan Rehabilitasi Gudang Garam Rakyat kepada Kelompok Usaha Garam Rakyat di Jeneponto.

Loading...
Loading...