Kamis, 28 Juli 2016 11:27 WITA

Ini Niat Menteri ESDM Baru untuk Indonesia

Editor: Almaliki
Ini Niat Menteri ESDM Baru untuk Indonesia
Archandra Tahar / Setkab.go.id

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pengganti Sudirman Said yakni Archandra Tahar dalam kabinet kerja langsung menyusun langkahnya untuk mambangun Indonesia. 

Dipaparinya, untuk meningkatkan produksi energi, terdapat tiga hal penting yang diharapkan dapat dipenuhi di sektor energi yakni teknologi, sumber daya yang mumpuni dan pembuatan proses yang akuntabel.

“Belajar dari pengalaman, untuk meningkatkan produksi, salah satunya adalah kita harus menggunakan teknologi. Kunci dari peningkatan produksi, selain teknologi, juga proses yang akuntabel. Kemudian kita memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni,” jelas Archandra Tahar dilansir Setkab.go.id, Kamis (28/7/2016).

Olehnya, ke depan, yang perlu ditekankan di sektor ESDM adalah membangun kemandirian dari sisi energi, karena kebutuhan energi pada tahun-tahun depan akan sangat besar sekali. “Sedangkan dari sisi minyak dan gas, setiap tahun kita lihat produksinya menurun. Kita perlu untuk meningkatkan produksi,” tambahnya.

Adapun untuk membangun sektor industri energi, integritas adalah bekalnya. “Kita memerlukan transparansi dari pengelolaan sektor energi. Yang namanya integritas dalam pengelolaan sumber daya alam ini diperlukan sehingga kita bisa duduk sejajar dengan bangsa-bangsa lain, kalau kita bisa secara bangsa berintegritas dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan aturan pada bidang minyak dan gas,” ujarnya.

Selain menyampaikan niatannya, Archandra Tahar sendiri mengaku surprise karena sebelumnya tidak pernah bermimpi menduduki jabatan menteri. Kabar dirinya akan menjadi menteri juga baru diterima beberapa hari yang lalu.

Ia mengaku, memang dalam beberapa kesempatan memang pernah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Berdiskusi tentang masalah yang dihadapi Indonesia terutama di bidang minyak dan gas.

“Dari diskusi tersebut, ada hal-hal yang mungkin bisa kita implementasikan, berdasarkan pengalaman apa yang saya peroleh di luar. Dari sisi itu, diskusi berlanjut, sampai akhirnya hari ini saya dilantik,” jelas Archandra Tahar.

Archandra Tahar sendiri dikenal sebagai ahli di bidang energi dan sumber daya mineral yang memilik beberapa paten yang bersifat internasional. Sebelumnya, Archandra Tahar bekerja di banyak perusahaan besar di Amerika Serikat dan tercatat sebagai pekerja profesional yang telah mempunyai level kelas dunia.