Rabu, 10 April 2019 23:59 WITA

Hadiri Isra Mikraj yang Digelar PHBI, Bupati Bulukumba Ajak Warga Berbondong-bondong ke TPS

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Hadiri Isra Mikraj yang Digelar PHBI, Bupati Bulukumba Ajak Warga Berbondong-bondong ke TPS
Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menghadiri peringatan Isra Mikraj, Rabu (10/4/2019).

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) tingkat Kabupaten Bulukumba memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang dirangkaikan dengan tablik akbar dalam rangka Pemilu Damai. 

Acara yang digelar usai salat asar di Masjid Islamic Center Dato Tiro ini menghadirkan penceramah Ustaz Dr H Amrullah Amri, Rabu (10/4/2019).

Ketua PHBI yang juga Kepala Kemenag Bulukumba, Dr Ali Yafid mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut menjadi agenda rutin PHBI setiap tahun dalam memperingati hari-hari besar Islam. 

Termasuk peringatan Isra Mikraj tahun 2019 ini dengan tema "Isra Mikraj Mencerahkan Hati Merawat Kebersamaan Menyongsong Pemilu Damai Indonesia Bersatu".

"Kegiatan ini sengaja dilaksanakan sebelum pesta demokrasi, agar umat Islam senantiasa bermuhasabah diri dan tetap memelihara persatuan dan persaudaraan guna menghasilkan pemilu yang damai," pinta Ali Yafid.

Dalam sambutannya, Bupati AM Sukri Sappewali mengatakan, peringatan Isra dan Mikraj adalah sebuah momentum untuk mengenang sejarah perjalanan spiritual Nabi Besar Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Ini merupakan wahana syiar Islam yang sudah menjadi bagian dari  tradisi masyarakat Islam dari waktu ke waktu. 

Dikatakannya, dengan peringatan ini, kita dapat memetik hikmah yang sebesar-besarnya sehingga memberikan motivasi dalam membangkitkan nilai-nilai spiritualitas, iman, dan takwa kepada Allah subhanahu wata'ala.

Loading...

"Isra Mikraj jangan dimaknai sebatas ritualitas simbolik saja. Akan tetapi lebih bermakna sebagai pembaruan nilai-nilai Islami dalam hidup dan kehidupan kita," imbuhnya.

Terkait pelaksanaan pemilu yang tersisa tujuh hari lagi, orang nomor satu di Bulukumba ini meminta agar menjadi perhatian untuk dapat menyukseskan dan mewujudkan pemilu yang berintegritas, berkualitas, aman, dan damai.

"Selaku pemerintah daerah, kami juga mengajak warga Bulukumba agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk datang ke TPS pada hari pencoblosan nantinya, agar partisipasi pemilih semakin meningkat," pintanya.

Sementara itu, Ustaz Amrullah Amri dalam ceramahnya menekankan pentingnya kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat. Termasuk menjelang pemilu 2019. Perbedaan pilihan, kata Amrullah, tidak boleh menjadikan masyarakat terpecah-pecah. Sebaliknya, harus menjaga kebersamaan dan kedamaian.

Agama Islam itu, lanjut Amrullah Amri paling bijak atas perbedaan. Termasuk dalam urusan agama. Apalagi, katanya, bila hanya urusan pilihan dalam pemilu. 

"Kita harus saling menghargai perbedaan, baik itu perbedaan agama, maupun perbedaan dalam agama Islam kita sendiri. Kita tidak boleh saling memaksakan, karena itu tidak mungkin terjadi," harapnya.

Loading...
Loading...