Rabu, 10 April 2019 11:11 WITA

Australia Izinkan Pengiriman Barang Pakai Drone

Editor: Andi Chaerul Fadli
Australia Izinkan Pengiriman Barang Pakai Drone

RAKYATKU.COM - Perusahaan pengiriman drone yang dimiliki oleh perusahaan induk Google, Alphabet, telah diberi lampu hijau untuk beroperasi. Wing, sebagaimana proyek ini dikenal, adalah layanan drone pengiriman otonom yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di kota-kota, meningkatkan akses ke barang-barang di daerah pedesaan, dan membantu mengurangi emisi CO2.

Proyek ini telah diuji coba selama 18 bulan terakhir di AS dan Australia. Tetapi sekarang telah disetujui untuk operasi pengiriman komersial yang sedang berlangsung oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA), dikutip dari Sky News, Selasa (10/4/2019).

Menurut Wing, selama masa percobaan itu telah menggunakan drone untuk mengirimkan "makanan dan minuman, barang-barang kimia bebas, dan kopi dan coklat buatan lokal".

Itu membuat sekitar 3.000 pengiriman selama periode ini saat sedang diperiksa oleh CASA, dengan regulator tertarik untuk melihat apakah drone menimbulkan risiko kepada publik.

Persetujuan CASA mungkin merupakan pertanda besar bagi regulator lain bahwa proyek ini cukup dapat dipercaya untuk yurisdiksi mereka sendiri.

Namun, karena ini adalah yang pertama diberikan kepada proyek drone komersial mana pun di dunia, regulator lain dapat terus berhati-hati.

Loading...

Khususnya, lisensi yang disepakati oleh CASA jauh dari apa yang diharapkan Wing untuk dicapai dengan keseluruhan proyek.

Drone yang digunakan untuk mengirimkan barang harus diujicobakan daripada diotomatisasi sepenuhnya, dan area yang diizinkan dioperasikan hanya di sekitar 100 rumah saja.

Yang terpenting, CASA tidak melihat apakah drone akan terlalu berisik untuk beroperasi di lingkungan perkotaan.

Google Wing mengatakan drone-nya dapat terbang hingga 120 km / jam ditenagai oleh sistem semua-listrik dengan nol emisi karbon.

Tags
Loading...
Loading...