Selasa, 09 April 2019 20:45 WITA

Dukungan Prabowo-Sandi Tak Terbendung Pasca GBK, Survei Terbaru Ngeri-Ngeri Sedap

Editor: Abu Asyraf
Dukungan Prabowo-Sandi Tak Terbendung Pasca GBK, Survei Terbaru Ngeri-Ngeri Sedap
Suasana kampanye Prabowo Subianto di Benteng Kuto Besak, Palembang, Selasa (9/4/2019).

RAKYATKU.COM - Kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (7/4/2019) cukup berdampak. Kampanye berikutnya pecah di mana-mana.

Seperti dalam kampanye hari, Selasa (9/4/2019) di kompleks Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Terlihat ribuan orang memadati arena yang persis berada di pinggir Sungai Musi tersebut.

Hujan yang turun tak mengurangi antusiasme masyarakat untuk menghadiri kampanye tersebut. "Hari ini hujan, mau dilanjut atau tidak?" tanya Prabowo kepada pendukungnya.

"Lanjut terus!" jawab pendukung dengan kondisi pakaian setengah basah kuyup.

Pasangan Sandiaga Uno itu kemudian melanjutkan orasi di tengah kondisi hujan. Di hadapan ribuan pendukung, Prabowo, yang mengenakan topi tanjak, pun berjanji mengabdi bila terpilih sebagai presiden.

"Saya akan wakafkan hidup saya untuk rakyat. Saya akan berjuang untuk rakyat Indonesia, bukan berjuang untuk antek-antek asing. Tarif listrik kita diturunkan," kata dia seperti dikutip dari Detikcom.

Sehari sebelumnya, kampanye Prabowo di Stadion Kridosono, Yogyakarta juga pecah. Dalam kampanye tersebut, Prabowo sempat meluapkan emosinya melihat penderitaan rakyat beberapa tahun belakangan ini. Termasuk ketidakadilan yang semakin menjadi-jadi.

Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Prabowo-Sandi terus naik. Sebaliknya, tingkat keterpilihan pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin terus menurun.

Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil survei elektabilitas pada H-8 pelaksanaan Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul tipis 5,5 persen dibanding Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

loading...

Survei Voxpol Center ini dilakukan pada 18 Maret-1 April 2019. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei diambil dengan metode wawancara secara tatap muka. Sebanyak 1.600 responden terlibat dalam survei ini, dengan cakupan wilayah sampel 34 provinsi di Indonesia. Pembagian jumlah responden pun dibagi secara berimbang antara perempuan dan laki-laki, yaitu 50:50.

Hasil survei menyatakan pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat suara 48,8 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 43,3 persen. Adapun undecided voters 7,9 persen.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan elektabilitas tersebut dihasilkan secara tertutup menggunakan simulasi surat suara.

"Kalau kita tanya langsung tanpa surat suara itu, hasilnya Jokowi-Ma'ruf mendapat 46,8 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 39,7 persen dan undecided voters 13,5 persen, walau tetap saja Jokowi masih unggul," ujarnya dalam rilis survei, Selasa (9/5/2019).

Pangi menilai elektabilitas Jokowi-Ma'ruf cenderung menurun dibanding survei yang dilakukan sebelumnya. Lalu sebaliknya, ia mengatakan tren pemilih Prabowo-Sandi saat ini sedikit meningkat. Kondisi ini mengingatkan kita pada istilah yang dipopulerkan almarhum Sutan Batoegana, "nger-ngeri sedap". 

Loading...
Loading...