Selasa, 09 April 2019 13:47 WITA

Ilmuan Optimistis 'Hidupkan' Spesies Kuda dari 42.000 Tahun Lalu

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ilmuan Optimistis 'Hidupkan' Spesies Kuda dari 42.000 Tahun Lalu

RAKYATKU.COM - Para ilmuan yakin akan berhasil mengekstraksi sel-sel dari anak kuda yang telah punah 42.000 tahun untuk mengkloning spesiesnya kembali ke kehidupan. 

Anak kuda muda yang berwarna jahe dari 42.170 tahun yang lalu meninggal ketika baru berusia satu atau dua minggu tetapi bisa mengarah pada lompatan raksasa untuk teknologi 'Taman Jurassic'.

Anak kuda itu disimpan dalam kondisi hampir sempurna di permafrost Siberia, kata para ahli.

Setelah beberapa bulan bekerja keras pada bayi kuda beku, tim peneliti gabungan Rusia-Korea Selatan semakin optimis bahwa mereka akan memperoleh sel yang diperlukan untuk mencoba mengkloning breed Lenskaya yang tahan dingin yang punah yang mati sekitar 4.000 tahun yang lalu.

"Para peneliti yakin akan keberhasilan proyek ini," kata seorang sumber di North Federal Federal University di Yakutsk - kota terdingin di dunia - yang menjadi tuan rumah proyek itu, dikutip dari The Siberian Times, Selasa (9/4/2019).

"Upaya akan berlanjut hingga akhir April tahun ini." 

Loading...

Pekerjaan begitu maju sehingga tim dilaporkan memilih seorang ibu untuk peran bersejarah melahirkan kuda kuno.

Tim peneliti internasional dipimpin oleh pakar kloning Korea Selatan, Profesor Hwang Woo-suk, yang juga terlibat erat dalam upaya untuk menggunakan sisa-sisa mamut berbulu yang disimpan dalam permafrost untuk menghidupkan kembali para raksasa.

Dr Lena Grigoryeva, seorang peneliti Rusia terkemuka dalam proyek tersebut, mengatakan: "Ada tujuh peneliti yang terlibat dalam proyek (anak kuda) di pihak Korea> dan semua orang positif tentang hasilnya."

Dia mengatakan upaya kloning pertama kemungkinan akan menggunakan kuda Korea sebagai ibu pengganti.

Tags
Loading...
Loading...