Senin, 08 April 2019 13:21 WITA

Video Perbandingan Massa Jokowi 2014 dan Prabowo 2019 di GBK, Mana Lebih Banyak?

Editor: Abu Asyraf
Video Perbandingan Massa Jokowi 2014 dan Prabowo 2019 di GBK, Mana Lebih Banyak?
Suasana kampanye Prabowo-Sandi di SUGBK, Minggu (7/4/2019).

RAKYATKU.COM - Kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno disebut-sebut terbesar sepanjang sejarah. Orang kemudian membandingkannya dengan konser salam 2 jari Jokowi pada 5 Juli 2014.

R Hady Syahputra Tambunan yang hadir pada konser salam 2 jari itu mengungkapkan kesaksiannya. Saat itu, dia ikut sebagai relawan Jokowi. Dia termasuk ikut mengunggah foto-foto lautan massa ketika itu dengan rasa kagum juga menambah keyakinan akan tanda-tanda kemenangan Jokowi-JK.

"Media mainstream tak henti menayangkan ulasan konser itu," katanya dalam tulisannya di Kompasiana.com seperti dilihat Rakyatku.com, Senin (8/4/2019).

Konser salam 2 jari itu dihadiri sejumlah tokoh nasional dan 200-an artis, musisi, dan pegiat seni. Mereka hadir tanpa bayaran. Konser salam 2 Jari yang saat itu bertepatan dengan bulan Ramadan disebut-sebut sangat fenomenal. Anies Baswedan juga ikut hadir kala itu.

Musikus yang hadir di antaranya Slank, Ian Antono, Ahmad Albar, Donny Fattah, Oppie Andaresta, Kla Project, /rif, Trio Lestari (Glenn Fredly, Tompi, dan Sandy Sandoro), JFlow, Ello, Erwin Gutawa, Gita Gutawa, Jay Subiyakto, Jalu Pratidina, Kadri Jimmo, dan Giring Ganesha.

Lalu juga ada Setiawan Djody, Yuni Shara, Krisdayanti, Melly Manuhutu, Ivan Nestorman, Sruti Respati, Cokelat, Andre Hehanusa, Kikan Namara, Cak Lontong, Once, Bams, Mike Idol, Che Cupumanik, Widi Vierratale, Lala Timothy, Marsha Timothy, Vino Bastian, Indra Birowo, Wanda Hamidah, Sandrina Malakiano, dan Nico Siahaan.

"Saya merinding, seumur hidup saya belum pernah melihat konser kemanusiaan sebesar ini. Konser ini besar karena kekuatan juga semangat semua orang. Saya bisa merasakan getaran semangat mereka yang datang," komentar Kaka Slank ketika itu.

Namun, dari rekaman video, jumlah massa ternyata tidak sedahsyat yang ditampilkan lewat foto-foto. Bangku-bangku di tribune atas tampak kosong. Begitu pula di area lapangan, masih banyak ruang-ruang yang tak terisi. 

loading...

Faktanya, pasangan Jokowi-JK akhirnya memenangkan Pilpres 2014. Mereka mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Bagaimana dengan kampanye akbar pasangan Prabowo-Sandi, Minggu (7/4/2019)? Prabowo mengaku mendapat laporan dari timnya bahwa pendukung yang hadir berkisar sejutaan. Itu terlihat dari nyaris tak ada ruang yang tersisa dalam stadion. Banyak juga di luar stadion, tak kebagian tempat.

Tidak ada yang bisa memastikan jumlah peserta kampanye yang hadir pada dua momentum berbeda tersebut. Namun, dua video di bawah ini bisa memberi gambarannya.

Konser Salam 2 Jari Jokowi-JK, 5 Juli 2014 (sore)

Kampanye Akbar Prabowo-Sandi, 7 April 2019 (dini hari sampai pagi)

Loading...
Loading...