Minggu, 07 April 2019 22:24 WITA

NasDem Disebut Bisa Raih 2 Kursi DPRD Sulsel di Dapil Makassar A

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
NasDem Disebut Bisa Raih 2 Kursi DPRD Sulsel di Dapil Makassar A

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Partai NasDem disebut punya potensi merebut dua kursi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan di Daerah Pemilihan (Dapil) Makassar A di ajang Pileg 2019 mendatang.

Taksiran peluang partai besutan Surya Paloh itu dibahas dalam dialog politik yang mengangkat tema "Kursi DPRD Sulsel Partai NasDem Dapil I Milik Siapa?" yang dihelat di Warkop Dottoro, Jalan Boulevard, Makassar, Minggu (7/4/2019).

Hadir menjadi pembicara masing-masing Pengamat Politik Universitas Bosowa, Arief Wicaksono serta Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad.

"Melihat potensi Nasdem di Dapil I Makassar, ada peluang mendudukkan calegnya dua kursi. Sebab, dari jumlah sembilan calegnya di dapil itu rata-rata mereka petarung semua," ungkap Pengamat Politik Universitas Bosowa, Arief Wicaksono memulai diskusi.

Dari dua kursi yang disebut-sebut sudah bertuan itu, kata Arief, salah satunya diyakini menjadi milik mantan Wakil Ketua DPRD Sulsel yang juga Ketua NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi alias Cicu.

Jika kursi pertama diprediksi menjadi milik Cicu, maka persaingan akan terjadi di perebutan kursi kedua. Menurut Arief, ada 3 figur yang layak mengisi kursi kedua itu. Masing-masing putra Bupati Luwu Basmin Mattayang, yaitu Arham Basmin Mattayang, anak dari pengusaha hotel di Sulsel Wilianto Tanta, yaitu Andre Prasetyo Tanta, serta menantu mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Riska Mulfiati Lutfi.

"Jika dikalkulasi suara di Dapil I (Makassar A) itu sekitar 100 ribuan. Kans Ibu Cicu pasca Pilwalkot Makassar kemarin diperkirakan masih bisa meraih 25 ribuan atau mengunci satu kursi. Peluang satu kursi lainnya diperebutkan antara Arham, Andre, dan Riska yang sama-sama dari NasDem," tambah Arief.

Loading...

Hal tersebut dibenarkan pula oleh Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad. Menurutnya, selain mental petarung yang ada dalam diri caleg, para caleg NasDem tersebut juga punya modal politik yang besar.

"Mereka yang bertarung di Dapil I (Makassar A) ini memiliki modal politik. Selain dukungan finansial juga didukung dinasti dan latarbelakang keluarganya," beber Firdaus.

Kehadiran Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh di Kota Makassar beberapa waktu lalu juga membuat semangat para caleg menjadi berlipat ganda didetik-detik akhir jelang pemungutan suara.

"Para caleg bekerja dengan strategi masing-masing untuk memikat dukungan. Kita harapkan tentunya saat bersosialisasi mereka juga tak melupakan untuk memberikan pelajaran politik kepada masyarakat," pungkas Firdaus.

Sekadar diketahui, Dapil I (Makassar A) sendiri meliputi Kecamatan Mariso, Tallo, Mamajang, Makassar, Ujungpandang, Wajo, Bontoala Ujungtanah, Rappocini, Tamalate dan Sangkarrang.
 

Loading...
Loading...