Rabu, 03 April 2019 12:14 WITA

KPU Makassar Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2019

Penulis: Syukur
Editor: Nur Hidayat Said
KPU Makassar Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2019
Simulasi pencoblosan kertas suara Pemilu 2019 di di Hotel Maxome, Rabu (3/4/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar melakukan simulasi pencoblosan kertas suara Pemilu 2019 di di Hotel Maxome, Rabu (3/4/2019).

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar, mengatakan simulasi ini menghadirkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan anggota Panitia Pemungutan Surat Suara (PPS) lingkup Kota Makassar.

"Yang hadir dalam simulasi ini sekitar 150 orang perwakilan dari PPK dan PPS. Ketua-ketuanya saja," ungkap Gunawan yang ditemui di sela-sela simulasi.

Gunawan berujar, simulasi ini bertujuan untuk menguji kecakapan penyelenggaraan Ad Hoc mengingat hari H pelaksanaan Pemilu makin dekat. Dengan demikian, diharapkan nantinya saat Pemilu tiba penyenggara Ad Hoc dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.

loading...

"Simulasi ini agar penyelenggara Ad Hoc mempunyai kecakapan dalam proses pemungutan suara. Pada simulasi ini mereka akan mendapatkan gambaran seperti apa persoalan yang berpotensi muncul saat pencoblosan," tuturnya.

Gunawan mengatakan, sengaja dimunculkan beberapa persoalan dalam simulasi ini. Melalui simulasi ini, pihaknya akan mengetahui seberapa cakap penyelenggaraan Ad Hoc dapat menyelesaikan bila terjadi persoalan dalam pencoblosan.

"Dari sini punya gambaran pencoblosan berlangsung. Ada beberapa kasus yang mereka harus antisipasi. Kasus pemilih yang hanya bawa C6 atau identitas lain apakah boleh masuk atau tidak. Ada banyak kasus yang dimunculkan agar penyelenggara punya bayangan apa yang kemungkinan akan terjadi. Meskipun nantinya tidak terjadi seperti itu tapi setidaknya mereka sudah siap," bebernya.

Loading...
Loading...