Rabu, 03 April 2019 10:53 WITA

Gara-gara Flashdisk Penuh Malware, Wanita Ini Berurusan dengan Pengawal Donald Trump

Editor: Andi Chaerul Fadli
Gara-gara Flashdisk Penuh Malware, Wanita Ini Berurusan dengan Pengawal Donald Trump
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Resor Presiden Trump Mar-a-Lago baru saja menangani 'serangan' malware yang jelas tidak biasa. Seorang wanita Tionghoa, Yujing Zhang telah didakwa membuat pernyataan palsu kepada seorang pejabat federal dan memasuki properti terbatas setelah dia mengunjungi Mar-a-Lago pada 30 Maret membawa drive jempol yang tampaknya penuh dengan malware. 

Zhang awalnya mengatakan kepada Dinas Rahasia bahwa dia ingin menggunakan kolam renang, tetapi kemudian menyatakan bahwa dia telah melakukan perjalanan untuk menghadiri Acara Persahabatan PBB yang tidak ada (atas permintaan "Charlie" yang misterius) dan ingin berbicara dengan seorang anggota keluarga Trump tentang hubungan ekonomi China dengan AS.

Zhang masuk setelah manajer Beach Club resor mengatakan ada anggota yang berbagi nama keluarganya, yang mengarah pada keyakinan bahwa dia adalah seorang kerabat. Seorang resepsionis menangkap Zhang setelah dia berbicara tentang menghadiri acara palsu dan tidak ada dalam daftar akses properti. 

Trump tinggal di resor pada saat itu, tetapi berada di International Golf Club ketika Zhang muncul, dikutip dari Miami Herald, Rabu (3/4/2019).

Loading...

Di atas drive USB, Zhang juga membawa sejumlah peralatan yang tidak biasa yang meliputi empat ponsel, laptop, hard drive eksternal dan dua paspor "Republik Tiongkok" (Taiwan). Untuk menambah misteri, dia bertindak seolah-olah dia memiliki pemahaman bahasa Inggris yang buruk ketika dia pertama kali tiba, tetapi kemudian mengungkapkan bahwa dia dapat memahami bahkan "nuansa halus" dari bahasa tersebut.

Tidak jelas apa niat Zhang sebenarnya. Malware dan pola perilaku telah menimbulkan kekhawatiran ini adalah upaya untuk mengkompromikan sistem, baik untuk keluarga Trump atau Mar-a-Lago secara keseluruhan. 

Thumb drive sering digunakan dalam kampanye yang didukung negara untuk melanggar komputer yang tidak terhubung ke internet atau sulit diserang dari luar. Jika ada niat jahat, Zhang bisa menggesek informasi sensitif seandainya dia melanjutkan lebih jauh. Namun, ini bukan upaya infiltrasi yang halus dan terencana dengan baik - sangat mungkin ada motivasi lain.

Tags
Loading...
Loading...