Selasa, 02 April 2019 16:23 WITA

Survei Indo Barometer: Kepuasan terhadap Jokowi Turun 0,5 Persen, Alasannya Ekonomi Sulit

Editor: Abu Asyraf
Survei Indo Barometer: Kepuasan terhadap Jokowi Turun 0,5 Persen, Alasannya Ekonomi Sulit
Presiden Joko Widodo meninjau Stadion Papua Bangkit. (FOTO: DOK PRIBADI)

RAKYATKU.COM - Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo menunjukkan tren menurun. Dalam sebulan terakhir, penurunannya sekitar 0,5 persen.

Angka itu ditemukan lembaga survei Indo Barometer. Jajak pendapat dilakukan pada 15-21 Maret 2019. Metode yang digunakan multistage random sampling dengan 1.200 responden. Responden berasal dari 34 provinsi yang mempunyai hak pilih.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto mengatakan, secara umum, mayoritas publik 64,4 persen puas terhadap kinerja Jokowi sebagai presiden. Hanya 31,6 persen yang tidak puas.

Namun, jika dibandingkan hasil survei Februari 2019, angka itu mengalami penurunan 0,5 persen.

Hadi menambahkan untuk kepuasan terhadap pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla juga masih terbilang tinggi. Sebanyak 63,2 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-JK.

Loading...

Sebanyak 63,2 persen responden merasa puas dengan kinerja Jokowi-Jusuf Kalla. Sedangkan yang tidak puas 32,2 persen. 

"Distribusi pemilih yang merasa puas dengan kinerja Jokowi-Jusuf Kalla mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Sedangkan yang tidak puas memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno," sebut Hadi, Selasa (2/4/2019).

Hadi kemudian menjelaskan alasan mayoritas responden menyatakan puas kepada Jokowi karena menganggap kinerjanya bagus dan terbukti, pembangunan merata, hingga orangnya jujur dan bersih dari korupsi. 

Sedangkan, yang merasa tidak puas beralasan karena harga kebutuhan pokok mahal, perekonomian makin sulit, hingga sulitnya lapangan kerja.
 

Loading...
Loading...