Selasa, 02 April 2019 11:23 WITA

Dinas Dukcapil Gowa akan Turun ke Sekolah rekam Kartu Identitas Anak

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Andi Chaerul Fadli
Dinas Dukcapil Gowa akan Turun ke Sekolah rekam Kartu Identitas Anak

RAKYATKU.COM, GOWA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Gowa akan menerbitkan 61.000 keping Kartu Identitas Anak (KIA) tahap pertama tahun 2019. 

Penerbitan kartu tersebut sebelumnya telah disampaikan pada kegiatan Musrembang anak beberapa waktu yang lalu. Dukcapil akan mencetak, menerbitkan, dan membagikan kartu tersebut. Sehingga meski belum cukup umur, anak tersebut sudah memilki identitas yang bisa diketahui

Kadis Dukcapil Gowa, Ambo menjelaskan, pihaknya akan turun langsung ke sekolah guna para siswa untuk mengambil data dan mencetaknya kemudian dikembalikan ke sekolah. Hal ini juga memudahkan para anak untuk mengurus kartu identitas tersebut tanpa mengganggu jam pelajarannya.

"Petugas kami yang datang meminta berkas yang diperlukan dan anak yang sudah berusia 5 tahun keatas untuk menyiapkan pas fotonya ukuran 2x3 dan kumpul disekolah dan akan diambil oleh petugas kami," terang Kadis Ambo kepada media, Selasa (2/4/2019).

Pembuatan kartu identitas ini pun tidak dibebankan biaya apapun. Ambo juga menghimbau kepada masyarakat yang menemukan oknum yang tidak bertanggung jawab meminta biaya atas pembuatan kartu tersebut untuk tidak diberikan.

Loading...

Ambo menambahkan, pihaknya akan mencetak kartu tersebut secepatnya dan pembagian KIA tahap pertama akan dibagikan pada Hari Pendidikan Nasional mendatang. 

"Kita akan serahkan fisik dari KIA ini bertepatan pada Hardiknas mendatang. Kami juga telah sampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan kalau kami akan membagikan KIA pada upacara peringatan Hardiknas," tutup Ambo. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Salam sangat merespon upaya pemberian Kartu Identitas (KIA) tersebut kepada seluruh anak di kabupaten Gowa.

"Kami siap membackup Dinas Dukcapil jika akan melakukan pendataan anak sekolah. Tapi, kami juga sarankan sebelum melakukan pendataan itu sebaiknya harus dilakukan sosialisasi awal ke sekolah-sekolah agar para kepala sekolah maupun guru paham apa fungsi dan peran KIA dimiliki siswa," ucap Salam.

Tags
Loading...
Loading...