Sabtu, 30 Maret 2019 22:30 WITA

Prabowo Tegur Penonton, "Kenapa Ketawa? Pertahanan Kita Lemah Kok Ketawa"

Penulis: Fathul Khair
Editor: Mays
Prabowo Tegur Penonton,
Prabowo Subianto

RAKYATKU.COM - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, sempat geram. Saat berbicara soal pertahanan keamanan yang lemah, ada suara ketawa dari kursi penonton debat.

Hal ini membuat Prabowo yang mendapat giliran berbicara sewot. 

"Kenapa ketawa? pertahanan keamanan kita lemah kok ketawa," ujarnya dengan nada tinggi.

Prabowo mengaku sangat gemes melihat kondisi pertahanan keamanan. Menurutnya dengan alutsista yang ada, negara kita tidak bisa berbuat apa-apa saat ada musuh yang datang menyerang.

Prabowo menyebut anggaran pertahanan dan kemanan Indonesia masih sangat rendah. Anggaran itu kata Prabowo, sangat jauh dibanding anggaran pertahanan Singapura.

"Jadi masalah pertahanan dan kemanan ini, saya kira Pak Jokowi mendapat briefing-briefing yang kurang tepat. Jadi Rp107 Triliun itu, 5 persen dari APBN kita. 0,8 persen dari PDB kita," kata Prabowo dalam debat, Sabtu (30/3/2019).

Singapura kata Prabowo, anggaran pertahanan dan keamanannya sebesar 30 persen dari APBN. Dan 3 persen dari PDB. 

loading...

"Saya hanya mengatakan, budaya ABS (asal bapak senang), ketemu Panglima, siap pak, aman pak, terkendali semua pak, radar cukup pak," tambah Prabowo. 

Makanya Prabowo menegaskan, pemerintah mesti memberikan perhatian penuh terhadap pertahanan dan keamanan. 

Jokowi lalu menanggapi. Kata Jokowi, Prabowo kelihatannya tidak percaya dengan TNI. 

"Saya yang sipil, saya sangat percaya kepada TNI yang kita miliki. Sangat percaya, karena misalnya yang seperti tadi, di Natuna, saya lihat di sana dibangun," katanya. 

"Tapi yang paling penting menurut saya, dalam rangka masih kurangnya anggaran pertahanan, kita bangun dengan cara investasi di bidang alutsista," katanya.

Loading...
Loading...