Kamis, 28 Maret 2019 20:08 WITA

Pascabencana, Kemenperin Fasilitasi Pelaku Industri di Sulawesi Tengah

Penulis: M. Qadri
Editor: Andi Chaerul Fadli
Pascabencana, Kemenperin Fasilitasi Pelaku Industri di Sulawesi Tengah

RAKYATKU.COM, PALU - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong percepatan pemulihan perekonomian pascabencana tsunami dan gempa bumi di wilayah Sulawesi Tengah. Upaya itu termasuk menggiatkan kembali aktivitas industri dan mengembangkan pemberdayaan ekonomi lokal yang ditargetkan berdampak positif para korban gempa dan masyarakat.

“Sejak masa tanggap darurat hingga saat ini memasuki masa rehabilitasi, Kemenperin bersama pemerintah daerah dan pelaku industri terus berupaya meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana alam,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat peyerahan bantuan di Sulawesi Tengah, Kamis (28/3/2019).

Kemenperin telah menyelenggarakan program pelatihan mekanik sepeda motor kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Upaya ini dilakukan guna menciptakan wirausaha baru di sektor reparasi sepeda motor.

“Program tersebut juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Termasuk dalam hal ini adalah peningkatan kemampuan SDM di bidang perbengkelan,” ujar Menperin.

Loading...

Menurut Airlangga, secara umum, telah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri nasional. Salah satunya difokuskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 

Faktor SDM berperan penting bagi produktivitas dan daya saing industri nasional, serta mendorong bertambahnya multiplier effect yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Pelatihan mekanik sepeda motor yang merupakan hasil kerja sama Kemenperin dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini, ditargetkan dapat melibatkan 500 peserta. Kategorinya yakni, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 150 orang, guru SMK (30 orang), pekerja bengkel tradisional (60 orang), dan mekanik binaan anggota AISI (240 orang).

Loading...
Loading...