Kamis, 28 Maret 2019 15:36 WITA

Pekan Panutan Pajak, Bupati Minta Pegawainya Jadi Teladan

Penulis: Rahmatullah
Editor: Aswad Syam
Pekan Panutan Pajak, Bupati Minta Pegawainya Jadi Teladan
Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, memberikan sambutan pada Pekan Panutan Pajak di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (28/3/2019).

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Jelang batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak per 31 Maret 2019, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bulukumba menggelar Pekan Panutan Pajak di lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba. 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan penyampaian SPT Pajak tahun 2018, kepada jajaran pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba. 

Bupati AM Sukri Sappewali mengimbau jajarannya, untuk taat membayar pajak dan melaporkan SPT tahunannya secara tepat waktu. 

"Seharusnya para pegawai menjadi teladan dalam hal membayar pajak, baik pajak penghasilan maupun pajak bumi bangunan," pintanya saat menyampaikan sambutan pada Pekan Panutan Pajak di Ruang Pola Kantor Bupati, Kamis (28/3/2019).

Dikatakannya, pajak adalah salah satu bagian dari siklus pembangunan. Pajak yang kita bayar tetap akan kembali ke kita, berupa anggaran pembangunan di berbagai sektor. 

Untuk membuktikan dan memberi contoh bahwa pejabat sudah melaporkan SPT pajaknya, Bupati bersama para kepala OPD kompak memperlihatkan SPT tahunannya melalui E-filing dari smartphonenya masing-masing. 

Loading...

Senada disampaikan Bupati, Kepala KPP Pratama Bulukumba, Sofyan berharap, pegawai memberi contoh kepada masyarakat luas, untuk menghitung, menyetor atau melaporkan pajak perseorangannya masing-masing. 

Hal ini diharapkan, mengingat jumlah penerimaan pajak PPh pribadi secara keseluruhan di Kabupaten Bulukumba masih rendah, hanya sekitar Rp924 juta pertahun,  belum mencapai Rp1 miliar. 

"Ini tentu menjadi PR bagi kami, bahwa penerimaan pajak PPh pribadi dan badan di Bulukumba, termasuk Sinjai dan Selayar masih kecil," beber Sofyan.

Dalam menggenjot penerimaan pajak, pihaknya kata Sofyan intens melakukan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan untuk bersamap-sama memberikan sumbangsih kepada negara, melalui pembayaran pajak. 

"Atas nama KPP Pratama, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para aparatur sipil negara yang telah membayar pajak, dan menyetorkan SPT-nya. Semoga pekan panutan pajak di tahun mendatang semakin besar," ungkapnya.

Loading...
Loading...