Kamis, 28 Maret 2019 07:30 WITA

Bawaslu Makassar Pastikan Rektor UNM Lolos Jerat Pidana

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Bawaslu Makassar Pastikan Rektor UNM Lolos Jerat Pidana
Rektor UNM, Prof Husain Syam (kanan) dalam sebuah kesempatan.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar akhirnya mengambil keputusan terkait video Rektor UNM, Prof Husain Syam.

Dalam rapat pleno yang digelar Rabu malam (27/3/2019), Bawaslu menyatakan penyataan Husain sebagaimana dalam video yang beredar, tidak memenuhi unsur pidana pemilu.

Anggota Bawaslu Makassar, Zulkarnain mengatakan, pihaknya hanya menemukan dugaan pelanggaran etika sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebagai ASN, Husain Syam seharusnya tidak menampakkan dukungan kepada peserta pemilu tertentu.

Bawaslu akan meneruskan temuan tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hanya saja belum disebutkan kapan rekomendasi itu akan dikirim. "Sesegera mungkin," katanya. 

Loading...

Sebelumnya, Rektor UNM, Prof Husain Syam dilaporkan ke Bawaslu setelah video pernyataannya beredar di media sosial. Dalam video itu, Husain terkesan memanfaatkan jabatannya untuk membantu caleg DPRD Maros Ahmad Nelwan dan caleg DPR RI Akbar Faizal.

Husain menyebut akan memudahkan calon mahasiswa UNM yang orang tuanya memilih kedua caleg tersebut pada Pemilu 2019. Belakangan, Husain menyebut pernyataan itu hanya untuk menyenangkan lawan bicaranya. Ternyata pernyataan itu direkam dan disebarkan.

"Begitu gaya bahasa saya sering menyenangkan lawan bicara saya," katanya.

Loading...
Loading...