Selasa, 26 Maret 2019 16:31 WITA

IYL Tak Muncul di Kampanye Akbar Prabowo, Ini Penjelasan BPN

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
IYL Tak Muncul di Kampanye Akbar Prabowo, Ini Penjelasan BPN
Prabowo Subianto saat kampanye akbar di Lapangan Karebosi Makassar, Minggu (24/3/2019) lalu. Foto/Arfa Ramlan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Calon Presiden, Prabowo Subianto memulai kampanye akbar perdananya di Lapangan Karebosi Makassar, Minggu (24/3/2019) lalu.

Sejumlah tokoh nasional maupun Sulawesi Selatan hadir. Sebut saja, mantan Gubernur Sulsel, HM Amin Syam, mantan Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa, pengusaha nasional Erwin Aksa, serta sejumlah pentolan parpol koalisi Indonesia Adil Makmur.

Satu figur lainnya cukup dinantikan, namun tak muncul di lapangan ikon Kota Makassar itu. Adalah mantan Bupati Gowa dua periode, Ichsan Yasin Limpo (IYL). Kemana Ichsan saat itu?

Juru Bicara (Jubir) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Andry Arief Bulu, memberikan penjelasan.

Menurut Andry, Ichsan tak hadir salah satunya karena namanya belum masuk dalam daftar struktur juru kampanye (jurkam) duet Prabowo-Sandi.

"Pak IYL baru bergabung bersama kami (Prabowo-Sandi) sejak Januari 2019. Otomatis beliau tidak terdaftar sebagai jurkamnas (juru kampanye nasional) atau jurkamda (juru kampanye daerah)," ungkap Andry melalui aplikasi pesan, Selasa (26/3/2019).

Loading...

IYL Tak Muncul di Kampanye Akbar Prabowo, Ini Penjelasan BPN(IYL mendampingi Sandiaga Uno di Makassar belum lama ini)

Alasan tersebut cukup logis. Sebab penetapan struktur jurkamnas dan jurkamda pasangan capres-cawapres nomor urut 02 itu, kata Andry, telah dilakukan sejak Agustus 2018. Jauh sebelum Ichsan bergabung dalam barisan pemenangan Prabowo-Sandi.

"Masa kampanye akbar itu 24 Maret-13 April, dimana paslon akan berkampanye ke seluruh zona yang telah ditetapkan KPU. Paslon didampingi oleh jurkamnas dan jurkamda yang juga telah ditetapkan oleh KPU sejak Agustus 2018 yang lalu," bebernya.

Bagi Andry, hal ini merupakan sesuatu yang biasa saja terjadi. Dirinya pun meyakinkan bahwa dukungan Ichsan untuk Prabowo-Sandi tak surut.

"Ini hal biasa dan yang terpenting adalah dukungan (IYL) itu tidak berubah sampai saat ini," pungkasnya.
 

Loading...
Loading...