Senin, 25 Maret 2019 00:01 WITA

TBC Day 2019, Dinkes Sulsel Serukan "Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya”

Editor: Nur Hidayat Said
TBC Day 2019, Dinkes Sulsel Serukan
Peringatan TB Day tahun 2019 di anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (24/3/2019).

RAKTYATKU.COM, MAKASSAR - Hari Tuberculosis (TBC) sedunia atau Word TB Day diperingati setiap 24 Maret. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawasi Selatan menjadikan momentum ini untuk merefleksikan gerakan penanggulangan penyakit menular itu dengan berbagai acara dan kegiatan. 

Peringatan TB Day tahun 2019 ini dilaksanakan di anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (24/3/2019).

Kegiatan dilakukan dengan senam sehat dan aksi bersama yang diikuti pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Sulsel, Makassar, dan Gowa, petugas TBC rumah sakit, Community TB Care Aisyiyah serta beberapa organisasi masyarakat dan profesi yang konsen isu TB.

Penanggungjawab Pengelola TB Dinkes Sulsel, A Julia Junus, mengatakan tema TBC Day 2019 yakni “Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai dari Saya” dengan aksi Temukan Tuberkulosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC) dengan deteksi dini dan pencegahan penularan Tuberkulosis. 

"Melalui tema dan aksi ini diharapkan seluruh masyarakat, lintas program dan lintas sektor. Upaya pencegahan dan pengendalian TBC tidak dapat dilakukan oleh sektor kesehatan semata, tetapi perlu komitmen multisektoral karena permasalahan terbesarnya justru masalah nonteknis," terangnya.

Loading...

Hari TBC sedunia, lanjutnya, dirancang untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi epidemi di dunia. Di Indonesia, TBC merupakan penyebaban kematian nomor satu di antara penyakit menular lainnya.

"Pelaksanaan TB Day ini dapat dijadikan sebagai momentum dimana kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC meningkat dan dilakukan melalui aksi Gerakan Temukan TBC Obati Sampai Sembuh yang merupakan kegiatan penemuan secara aktif dan masif sekaligus mendorong pasien TBC untuk memeriksakan diri dan menjalankan pengobatan hingga tuntas," paparnya.

Sebagai upaya sekaligus momentum TBC Day ini, tambah Julia Junus, Dinas Kesehatan Sulsel selama sebulan ke depan membuat rangkaian kegiatan bersama masyarakat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). 

Kegiatan itu antara lain deteksi dini dan pencegahan penularan TBC di keluarga dan tempat khusus dengan investigasi kontak, temu media untuk penyampaian informasi seputar TBC, fun campaign berupa senam sehat dan bazar, serta kampanye TBC melalui media.

Loading...
Loading...