Minggu, 24 Maret 2019 17:09 WITA

Menyamar Jadi Putri Miliarder Jerman, Wanita Cantik Ini Tipu Bank Rp4 M

Editor: Aswad Syam
Menyamar Jadi Putri Miliarder Jerman, Wanita Cantik Ini Tipu Bank Rp4 M
Anna Sorokin, menyamar sebagai putri miliarder Jerman, lalu menipu bank di Amerika Serikat.

RAKYATKU.COM, WASHINGTON - Wanita cantik asal Jerman ini, dituduh menipu bank Rp4 miliar. Sekarang dia terancam deportasi.

Anna Delvey (28), nama aslinya adalah Anna Sorokin. Masa visanya di Amerika Serikat telah kedaluwarsa.

Rachael Yong Yow, seorang juru bicara dengan US Immigration and Customs Enforcement (ICE), mengatakan, badan tersebut telah menginstruksikan Departemen Pemasyarakatan Kota New York untuk menyerahkan warga negara Jerman tersebut segera, setelah proses kriminalnya selesai. 

Menyamar Jadi Putri Miliarder Jerman, Wanita Cantik Ini Tipu Bank Rp4 M

"ICE meminta agar kami diberitahu sebelum pembebasannya dari tahanan lokal, sehingga ia dapat dibawa ke tahanan ICE," kata Yow kepada Insider. 

"Terlepas dari apakah dia dihukum atau tidak, dia dapat dihapus karena dia adalah pengabaian visa yang melampaui batas. Jika dia dinyatakan bersalah, dia dihukum untuk menjalani waktunya di AS," lanjutnya. 

Sorokin berperan sebagai Anna Delvey, putri ahli waris dari seorang miliarder fiktif, tokoh terkemuka Rusia. Dia menggunakan persona itu untuk menipu lingkaran elite di Manhattan dari 2013 hingga Januari 2017.

Dia berbicara kepada bank, untuk meminjamkan uang kepadanya Rp4 miliar untuk memulai 'Yayasan Anna Delvey'. Namun, dia melewatkan tagihan pada akhir minggu. Dia berpindah-pindah hotel mewah di New York dengan uang pinjamannya.

Dia juga menargetkan orang-orang yang dia percaya akan melayaninya dengan baik, dan membuat mereka membayar untuk hal-hal dengan janji, bahwa dia akhirnya akan mengembalikan  uang mereka.

Loading...

Yow menyatakan, Sorokin datang ke AS di bawah Program Pelepasan Visa pada 7 Juni 2017, tetapi tidak meninggalkan negara itu pada waktu yang tepat. Program ini memungkinkan warga dari 38 negara untuk mengunjungi Amerika Serikat tanpa visa, untuk maksimal 90 hari.

Sorokin ditangkap pada Oktober 2017 dan didakwa dengan 10 tuduhan pencurian.

Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan mengirimkan pemberitahuan kepada Sorokin, yang memberi tahu dia bahwa setiap pelanggaran terkait penipuan di mana kerugian korban lebih dari USD10.000, merupakan pelanggaran yang dapat dideportasi. Tuduhan pencuriannya mencapai USD275.000 atau Rp4 miliar.

ICE berencana untuk mendeportasi wanita itu setelah hukumannya, jika dia dinyatakan bersalah. 

Pengadilan Sorokin akan segera berlangsung, dan proses pemilihan juri saat ini sedang berlangsung. 

 

Menyamar Jadi Putri Miliarder Jerman, Wanita Cantik Ini Tipu Bank Rp4 M

Tersangka muncul di pengadilan pada hari Rabu, mengenakan blazer hitam, blus krem dan sepatu putih. Rambutnya dikuncir.

Loading...
Loading...