Minggu, 24 Maret 2019 12:29 WITA

Ribuan Orang Teken Petisi untuk Dukung Jacinda Ardern Terima Hadiah Nobel 

Editor: Suriawati
Ribuan Orang Teken Petisi untuk Dukung Jacinda Ardern Terima Hadiah Nobel 
Jacinda Ardern

RAKYATKU.COM - Lebih 2.000 orang telah menandatangani petisi yang menyerukan agar Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian.

Petisi itu ditujukan kepada Komite Nobel Norwegia, yang memilih penerima Hadiah Nobel Perdamaian setiap tahun.

Itu diluncurkan pada hari Jumat dan telah mengumpulkan 2.777 tanda tangan (dari terget 3.000) siang ini.

"Jika Hadiah Nobel untuk Perdamaian dapat diberikan pada pernyataan spontan atas kebijaksanaan dan keberanian, lebih kepada seseorang, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pantas menerimanya," demikian bunyi petisi itu.

"... Kepemimpinannya yang kuat setelah penembakan di Christchurch, serangan pertama dari jenisnya dalam sejarah modern Selandia Baru, dapat mengajarkan satu atau dua hal kepada para pemimpin dunia lainnya yang kadang-kadang tidak peduli ketika tragedi terjadi."

Loading...

Ardern telah dipuji secara luas atas kepemimpinannya dalam menanggapi serangan teroris di dua masjid di Christchurch minggu lalu.

Namun, meskipun telah mengumpulkan begitu banyak pujian, Ardern tetap rendah hati.

Dalam sebuah pertemuan di Auckland pada hari Sabtu, dia mengatakan kepada orang banyak: "Saya percaya apa yang telah saya lakukan bukan tentang kepemimpinan. Yang saya lakukan hanyalah menggemakan kemanusiaan warga Selandia Baru."

Loading...
Loading...