Sabtu, 23 Maret 2019 09:08 WITA

"Wilayah ISIS di Suriah Telah Dieliminasi 100 Persen," Klaim Gedung Putih

Editor: Suriawati
Seorang pejuang Pasukan Demokrat Suriah di depan senjata yang disita dari ISIS (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Gedung Putih mengatakan bahwa ISIS telah kehilangan semua wilayahnya di Suriah.

Pada hari Jumat Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders menunjukkan peta teritorial ISIS kepada wartawan, dan mengatakan itu menunjukkan kekhalifahan kelompok teror telah dieliminasi.

"Itu telah dieliminasi 100 persen," katanya, sambil menambahkan bahwa informasi itu berasal dari Departemen Pertahanan AS.

Namun, menurut laporan The Hill, Pentagon belum menanggapi permintaan komentar mengenai hal itu.

Sementara itu seorang pejabat militer, yang berbicara dengan syarat anonim pada New York Times mengatakan bahwa pejuang Negara Islam masih bersembunyi di bawah tanah di Baghuz dan masih menembaki pasukan yang berusaha membersihkan desa.

Loading...

Dalam beberapa minggu terakhir ISIS juga telah merilis beberapa video yang menguraikan upaya mereka untuk mempertahankan benteng terakhirnya.

Mereka menunjukkan tenda yang terbakar, berkurangnya pasokan militer dan warga sipil yang terjebak dalam baku tembak.

Di lain sisi, juru bicara Pasukan Demokrat Suriah yang didukung Amerika telah menulis di Twitter bahwa "pertempuran sengit berlanjut" di sekitar Baghuz.

Pejabat senior Amerika Serikat lainnya mengatakan pada hari Jumat bahwa Pasukan Demokrat Suriah merencanakan untuk mengeluarkan pernyataan ketika mereka benar-benar yakin sisa-sisa ISIS telah dibasmi.

Tags
Loading...
Loading...