Selasa, 19 Maret 2019 17:31 WITA

Penyelundup Embrio Manusia dari Malaysia Ditangkap di India

Editor: Suriawati
Penyelundup Embrio Manusia dari Malaysia Ditangkap di India
INT

RAKYATKU.COM - Seorang warga negara Malaysia ditangkap di India karena membawa embrio manusia.

Menurut BBC (Selasa, 19/03/2019) penangkapan itu terjadi pada 16 Maret. Embrio tersebut ditempatkan di dalam tabung yang disembunyikan di kopernya.

Pria itu dilaporkan telah mengakui bahwa itu bukan pertama kalinya ia menyelundupkan embrio ke India.

Pengakuannya kemudian memimpin para pejabat ke klinik IVF kelas atas di kota Mumbai. Tapi klinik itu membantah keras terlibat dalam penyelundupan embrio.

Namun, ketika diinterogasi, pria itu mengatakan bahwa dia membawa embrio ke klinik. Menurut Times of India, sejumlah pesan teks yang mendukung klaimnya juga ditemukan.

Tapi Dr Goral Gandhi, ahli embriologi yang menjalankan klinik yang dimaksud, mengatakan bahwa pengakuannya tidak benar.

Loading...

"Pemohon tidak mengimpor embrio sebagai bagian dari bisnisnya," kata pengacaranya, Sujoy Kantawalla selama pengadilan pada hari Senin.

Dia kemudian menyalahkan bahwa kliennya menjadi korban konspirasi yang dibuat oleh orang-orang, yang mungkin termasuk pesaingnya.

IVF atau prosedur bayi tabung semakin populer di India dalam beberapa tahun terakhir. Itu adalah proses di mana sel telur dibuahi di laboratorium dan kemudian ditanamkan ke dalam rahim.

Embrio dapat dibekukan dan disimpan selama beberapa tahun. Beberapa orang menyumbangkannya kepada calon orang tua lainnya.

Namun, mengimpor embrio ke India tanpa izin dari Dewan Penelitian Medis India adalah ilegal.

Tags
Loading...
Loading...