Selasa, 19 Maret 2019 16:32 WITA

Mantan Presiden Ditangkap Karena Mabuk

Editor: Suriawati
Mantan Presiden Ditangkap Karena Mabuk
Alejandro Toledo

RAKYATKU.COM - Mantan Presiden Peru, Alejandro Toledo ditangkap di California karena mabuk di depan umum.

Toledo dilaporkan menghabiskan malam di penjara sebelum dibebaskan pada hari Senin.

Mantan presiden itu sedang dicari di negara asalnya, karena tersangkut skandal korupsi. Dia dituduh menerima suap $20 juta saat memimpin Peru.

Dia telah tinggal di Wilayah Teluk San Francisco, dan otoritas Peru telah mengupayakan ekstradisinya sejak 2017. Namun, penangkapan tampaknya baru-baru ini tidak mempercepat proses itu.

Menurut juru bicara Kantor Sheriff Kabupaten San Mateo, Rosemerry Blankswade, Toledo ditangkap setelah petugas dipanggil ke sebuah restoran di Menlo Park di selatan San Francisco.

Loading...

Pria berusia 72 tahun itu mabuk dan menolak permintaan untuk meninggalkan restoran. Dia kemudian ditahan, dan dibebaskan tanpa dakwaan.

Toledo adalah presiden Peru dari tahun 2001 hingga 2006 dan memang memiliki reputasi suka berpesta.

Pesawat kepresidenannya dikenal sebagai "pesawat pesta" setelah seorang pejabat pemerintah tertangkap kamera sedang mabuk dan menyanyikan lagu populer "Pass Me the Bottle" saat naik pesawat ke Eropa.

Setelah Toledo meninggalkan kekuasaan, penggantinya, Presiden Alan Garcia menerbitkan penghitungan pembelian minuman keras Toledo selama berada di istana kepresidenan, dan itu mencapai $164.000.

Tags
Loading...
Loading...