Selasa, 19 Maret 2019 03:01 WITA

Pemkab Bantaeng Gelar Musrenbang Anak

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Aswad Syam
Pemkab Bantaeng Gelar Musrenbang Anak
Suasana Musrenbang Anak di Bantaeng.

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng, dalam hal ini Badan Perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda), bekerja sama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, PP & PA Bantaeng, menggelar Musrenbang Anak Kabupaten Bantaeng Tahun 2019 di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Senin (18/3/2019).

Mengusung tema "Gempita: Goresan Mimpi Anak Bantaeng", kegiatan musrenbang anak ini diharapkan agar anak-anak Bantaeng dapat menemukenali permasalahan anak yang ada di lingkungan mereka, memberikan saran solusi dan menentukan arah pembangunan untuk kepentingan anak. 

Perwakilan Bappeda Sulsel, Dr. Andi mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah bagi anak Bantaeng, untuk memberikan partisipasi secara aktif guna mewujudkan Bantaeng menjadi Kabupaten Layak Anak.

"Pemerintah memang harus menjadikan anak salah satu fokus pembangunan, kegiatan ini merupakan strong point agar seluruh komponen masyarakat dapat terlibat di dalamnya," jelasnya. 

"Saya yakin ini akan jadi momentum yang strategis dan ruang bagi kebangkitan anak-anak Bantaeng," ungkapnya. 

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Bantaeng, H. Syamsul Suli yang mewakili Bupati Bantaeng pada kesempatan tersebut, mengimbau kepada seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bantaeng, agar anak-anak jangan hanya dijadikan objek pembangunan. 

"Melalui kegiatan Musrenbang Anak ini, kita dapat mendengarkan aspirasi anak-anak. Dengan demikian anak-anak Bantaeng mampu menjadi agen-agen perubahan dan sekaligus kaderisasi untuk kepemimpinan yang akan datang," tuturnya. 

Loading...

Kegiatan musrenbang anak di Kabupaten Bantaeng mulai dilaksanakan sejak tahun 2013, dan merupakan musrenbang anak pertama di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada saat itu. 

Kepeloporan Kabupaten Bantaeng dalam menyerap aspirasi anak melalui kegiatan musrenbang anak, telah mengantarkan Kabupaten Bantaeng meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Tentu saja keberhasilan meraih penghargaan bukanlah tujuan utama dari kegiatan musrenbang anak, tetapi lebih dari itu, kita ingin memberikan ruang kepada anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan. 

Beberapa usulan yang telah terealisasi di tahun sebelumnya antara lain terwujudnya taman bermain anak di kawasan Pantai Seruni, hadirnya Akademi Komunitas, tersedianya taman baca di setiap desa, tersedianya bus sekolah di 8 kecamatan serta adanya Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pula pengukuhan pengurus Forum Anak Butta Toa Bantaeng periode 2019 - 2021 oleh Asisten II Bidang Ekonomi Bantaeng, dimana sebanyak 52 anak dikukuhkan menjadi Pengurus FABT. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulsel, Drs. Askari, para Kepala SKPD, para Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Loading...
Loading...