Senin, 18 Maret 2019 06:30 WITA

Dana Abadi, DUDI, dan Infrastruktur Langit, Istilah-istilah Baru Ma'ruf Amin di Debat

Penulis: Rizal
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dana Abadi, DUDI, dan Infrastruktur Langit, Istilah-istilah Baru Ma'ruf Amin di Debat
Ma'ruf Amin. Ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Debat Pilpres 2019 sesi ketiga telah dihelat di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu malam (17/3/2019).

Selain momen dan tingkah menarik yang diperagakan oleh dua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno, sejumlah istilah baru juga diperkenalkan dalam adu gagasan tersebut.

Dana abadi, DUDI, dan infrastruktur langit menjadi tiga istilah yang banyak disorot. Diantara istilah-istilah tersebut, ada yang baru pertama kali didengar. Ketiga istilah tersebut semuanya keluar dari mulut Ma'ruf.

Dana abadi disebut Ma'ruf saat berbicara tentang rencana menyediakan dana abadi kebudayaan, dana abadi pendidikan serta dana abadi riset.

"Selain anggaran yang tersedia, kita juga akan menyiapkan dana abadi kebudayaan supaya kebudayaan makin berkembang. Selain dana abadi pendidikan, dana abadi riset dan kebudayaan ini juga untuk mengembangkan kebudayaan," kata Ma'ruf Amin.

Istilah lain juga diperkenalkan duet Joko Widodo itu. Adalah istilah DUDI yang disebutkan Ma'ruf saat menjawab pertanyaan tentang dana riset. Saat itu, dirinya menjanjikan pembentukan Badan Riset Nasional untuk mengkoordinasikan semua dana riset.

loading...

Usut punya usut, istilah DUDI yang dimaksud Ma'ruf adalah suatu singkatan. "DUDI itu artinya, Dunia Usaha dan Dunia Industri," bebernya.

Bagaimana dengan infrastruktur langit? Istilah tersebut nampaknya merujuk pada konsep Palapa Ring.

"Pemerintah kita sudah bisa membangun infrastruktur darat, laut, udara, dan infrastruktur langit, melalui Palapa Ring, sehingga sekarang tumbuh usaha-usaha startup, unicorn, bahkan sebentar lagi ada decacorn," jelas Ma'ruf saat menyebut istilah itu.

Palapa Ring sendiri merupakan suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.

Palapa Ring dikenal sebagai proyek raksasa dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dalam berbagai kesempatan, Menkominfo Rudiantara menjelaskan bahwa 'tol langit' alias 'infrastruktur langit' berupa Palapa Ring ini merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mempersatukan Indonesia.
 

Loading...
Loading...