Minggu, 17 Maret 2019 09:14 WITA

Husler: Orientasi Mabigus Harus Berdampak pada Pembinaan Generasi Muda

Editor: Abu Asyraf
Husler: Orientasi Mabigus Harus Berdampak pada Pembinaan Generasi Muda
Bupati Luwu Timur Thorig Husler menghadiri penutupan Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA di Landmark Luwu Timur, Sabtu malam (16/3/2019).

RAKYATKU.COM - Sebanyak 87 orang peserta mengikuti Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Luwu Timur. Acara itu digelar di Landmark Luwu Timur, Sabtu malam (16/3/2019).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pembimbing Pramuka dalam menginternalisasikan nilai keutuhan, kebudayaan, kepemimpiman, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian para peserta didik.

Orientasi ini dilakukan selama empat hari, 14-17 Maret 2019. Pesertanya, para kepala sekolah SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA negeri dan swasta dalam wilayah Kecamatan Burau, Wotu, Tomoni, Mangkutana, Kalaena, dan Tomoni Timur.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler saat menghadiri malam terakhir orientasi Mabigus yang kedua tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-Kabupaten Luwu Timur yang rangkaikan penyalaan api unggun mengatakan, Orientasi Mabigus Gugus Depan bermaksud untuk mengikat persatuan, kebersamaan dan keterpaduan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

"Dengan adanya kursus orientasi ini, semoga pemahaman tentang fungsi Mabigus akan meningkat sehingga berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di sekolah maupun generasi muda," imbuh Husler.

Husler: Orientasi Mabigus Harus Berdampak pada Pembinaan Generasi Muda

Loading...

Membina anggota Pramuka bukan hal mudah, tetapi perlu ilmu pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, bupati Luwu Timur mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan bekal kepada para Mabigus Gerakan Pramuka tentang tugas dan fungsi Mabigus dalam mengelola dan memenej pendidikan kepramukaan di sekolah.

Husler mengapresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi yang kedua tersebut. "Saya harap orientasi ini semakin mendorong perkembangan Gerakan Pramuka, utamanya pada kepala sekolah tingkat SD, SMP/MTS, dan SMA/SMK," katanya.

Di akhir arahannya, Husler mengatakan, di orientasi yang ketiga nantinya bukan lagi kepala sekolah tapi pesertanya para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka dan camat se-Luwu Timur selaku Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran).

Setelah memberikan arahan langsung, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Luwu Timur, HM Thorig Husler memimpin penyalaan api unggun yang dihadiri, kajari Luwu Timur, kepala Dinas Pendidikan, dan pelaksana tugas kepala Dinas PU. (hms/ikp/kominfo)


 

Loading...
Loading...