Sabtu, 16 Maret 2019 08:00 WITA

Kebanyakan Minum Kopi, Tulang Rusuk Wanita Ini Patah

Editor: Nur Hidayat Said
Kebanyakan Minum Kopi, Tulang Rusuk Wanita Ini Patah
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sebuah kejadian di Tiongkok bisa menjadi pelajaran agar tidak mengonsumsi kopi berlebihan.

Seorang wanita 30 tahun bernama Han Xiao dari Wuhan, Tiongkok, adalah penggemar berat kopi. 

Mengutip World of Buzz, hal pertama yang akan dilakukannya saat tiba di kantor adalah membuat secangkir kopi.

Dalam sehari, dia bahkan bisa mengonsumsi hingga 10 cangkir kopi hitam. Kebiasaan ini sudah dia lakukan lebih dari tujuh tahun. 

Dia mengatakan, dirinya mengonsumsi kopi selayaknya minum air putih. Han juga mengatakan selama ini tidak ada masalah kesehatan yang menghampirinya.

Namun, suatu malam Han mengalami batuk ekstrem yang terjadi hingga 10 menit. Nextshark melaporkan kondisi itu meningkat menjadi nyeri dada yang sakitnya tidak tertahankan.

Loading...

Keesokan paginya, Han pergi ke rumah sakit dan menemukan sesuatu yang mengejutkannya. Hasil rontgen menunjukkan penyebab dari nyeri dada tersebut adalah patah pada tulang rusuk ketiga, keempat, dan kelima yang terjadi akibat batuknya yang ekstrem.

Wuhan Evening News melaporkan tes kepadatan mineral peminum kopi ini tulangnya mirip dengan seorang pria berumur 60 tahun. Yang lebih parahnya lagi, dia mulai mengalami osteoporosis.

Menurut Webmd, kafein, garam, dan minuman berkarbonasi memiliki kontribusi terhadap osteoporosis. Maka dari itu, produk-produk itu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. 

Sebuah kasus lain bahkan menyebutkan bahwa seorang pria 23 tahun yang suka minum minuman berkarbonasi mengalami retak tulang rusuk kesembilan.

Loading...
Loading...