Jumat, 15 Maret 2019 10:53 WITA

Segarnya Sayur Mayur dari Mattappawalie Barru

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Aswad Syam
Segarnya Sayur Mayur dari Mattappawalie Barru
Ketua TP PKK Barru, drg. Hj. Hasnah Syam MARS memperlihatkan mentimun yang baru saja dia petik.

RAKYATKU.COM, BARRU - Mengenakan seragam batik biru dipadu jilbab dengan warna senada, Ketua TP PKK Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS, terlihat menikmati memetik sayur.

Ia didampingi rombongan anggota PKK, Kadis Ketahanan Pangan, Camat Pujananting, Lurah Mattapawalie, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. 

Pagi itu, Kamis (14/3/2019) memang sedang berlangsung kegiatan panen sayur bersama di sebuah areal kebun pekarangan milik KWT Melati, di Kelurahan Mattapawalie, Kecamatan Pujananting.

Di sela kegiatan, drg. Hj. Hasnah Syam MARS menyampaikan pujian, setelah melihat hasil panen kebun yang berlimpah. 

Segarnya Sayur Mayur dari Mattappawalie Barru

Ia mengatakan, Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan PKK ini berhasil menyulap sebuah pekarangan menjadi sebuah kebun, yang di dalamnya terdapat sayur mayur seperti kangkung, bayam, kacang panjang dan cabai yang segar.

Loading...

"Ini yang perlu dicontoh dan terus diberdayakan. Upaya pemanfaatan pekarangan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Seperti area kebun ini menghasilkan tanaman yang segar," katanya di hadapan masyarakat yang hadir.

"Dengan pemanfaatan pekarangan seperti ini, bisa memenuhi kehidupan kita sehari-hari, dan juga bisa mengirit pengeluaran. Contohnya, kita tidak lagi perlu beli sayur, karena sudah tersedia di pekarangaan. Sehingga uang kita, bisa digunakan untuk keperluan-keperluan yang lain," tambahnya.

Namun, mantan Direktur RSUD Pinrang itu berharap, kegiatan pemanfaatan pekarangan ini tidak terputus dan terpaku begitu saja. Melainkan terus melahirkan beragam inovasi.

Sekadar diketahui, data dari Kadis Ketahanan Pangan, Andi Sidda, bahwa di Kelurahan Mattapawalie ini ada lima KWT yang memiliki kebun pekarangan serupa. KWT Melati salah satunya. Kini anggota KWT Melati berjumlah 25 orang.

Loading...
Loading...