Jumat, 15 Maret 2019 02:00 WITA

Tingkatkan Kapasitas, Bawaslu Pasangkayu Gelar Bimtek Kesekretariatan 

Editor: Adil Patawai Anar
Tingkatkan Kapasitas, Bawaslu Pasangkayu Gelar Bimtek Kesekretariatan 

RAKYATKU.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kesekretariatan di Aula Hotel Multazam, Kabupaten Pasangkayu, Rabu (13/3/2019). 

Bimtek ini dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Propinsi Sulbar, Idrus. Dalam sambutannya, Idrus menyampaikan tujuan dari Bimtek ini adalah bagaimana bagian kesekretariatan lembaga Bawaslu dalam memahami mekanisme penyusunan program. Kemudian mampu menyempurnakan program dan kegiatan yang telah disusun berdasarkan tahapan Pemilu.

"Bimtek ini, agar kesekretariatan bisa meningkatkan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas dalam mewujudkan good governance, terutama dalam penyusunan anggaran di lembaga Bawaslu," papar Idrus. 

Dengan begitu, Idrus berharap kepada peserta Bimtek untuk membangun komunikasi yang baik dengan komisioner dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

"Penyelenggara Pemilu adalah hubungan sinergitas dan harmoni antara sekretariat dengan komisioner. Harga diri lembaga inikan tanggungjawab kita bersama, jadi bukan hanya komisioner," jelas Idrus.

Loading...

Sementara Komisioner Bawaslu Pasangkayu, Syamsudin mengatakan, dalam melaksanakan tugas pengawasan Pemilu saat ini, komisioner dan sekretariat diminta untuk membangun komunikasi stakeholder dengan semua pihak, agar terjadi sinergitas dalam kerangka pencapaian tujuan lembaga pengawas Pemilu kedepannya. 

Tidak hanya itu, lanjut Syamsudin, sekretariat harus bisa membangun kepercayaan kepada komisioner, adakan pertemuan secara berkala, sehingga kepala sekretaris beserta staf merasa bagian yang diperhatikan. 

"Ingat, prinsip kepemimpinan kita adalah kolektif kolegia. Komisioner harus memahami secara rinci tugas dan tanggungjawab sekretariat, begitu pula sebaliknya, untuk sekretariat mulai dari kepala hingga staf wajib mengetahui secara benar Tupoksi (Tugas Poko dan Fungsi) komisioner, supaya bisa memfasilitasi komisioner dengan baik dan benar," imbuh Syamsudin.

Loading...
Loading...