Kamis, 14 Maret 2019 13:57 WITA

Pemkab Sidrap Sosialisasikan PBB-PP di Kecamatan Kulo

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Aswad Syam
Pemkab Sidrap Sosialisasikan PBB-PP di Kecamatan Kulo
Suasana sosialisasi PBB Perdesaan dan Perkotaan di Sidrap.

RAKYATKU.COM, SIDRAP -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap, menggelar solisiasi Pajak Bumi dan Bangunan untuk Perdesaan dan perkotaan (PBB-PP) di Aula Kantor Kecamatan Kulo, Jl Poros Maddenra, Desa Kulo, Kecamatan Kulo, Sidrap, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan itu dihadiri Camat Kulo Mustati Kadir, Danramil 06 Rappang, diwakili Danposramil Kulo, Pelda Tajuddin, Kapolsek Panca Rijang diwakili Kapospol Kulo, Aiptu Syaharuddin.

Hadir pula, para kepala jawatan UPT se-Kecamatan Kulo, para Kepala desa, Pembantu Kolektor PBB, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Ketua Tim Intensifikasi PBB dan PAD Sidrap, Muhammad Yusuf Dollah Mando mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Sekda Sidrap Nomor: 050/1305/Umum Tanggal 06 Maret 2019.

Loading...

"Tujuan yang akan dicapai dari sosialisasi yakni peningkatan
penerimaan daerah dari Pajak PBB – P2 di Kabupaten Sidrap,
khususnya di wilayah Kecamatan Kulo," ungkap Doni, sapaan akrab Muhammad Yusuf Dollah Mando.

Ditambahkannya, PBB adalah pungutan atas tanah dan bangunan yang muncul karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi bagi seseorang atau badan, yang memiliki suatu hak atasnya, atau memperoleh
manfaat dari padanya.

"Jika dilihat dari sifatnya, PBB merupakan pajak yang
bersifat kebendaan. Artinya, besaran pajak terutang ditentukan dari keadaan objek yaitu bumi dan/atau bangunan. Sedangkan keadaan subjeknya tidak ikut menentukan besarnya barang,” ujar putra Bupati Sidrap, Dollah Mando ini.

Loading...
Loading...