Selasa, 12 Maret 2019 21:01 WITA

Rusia Bersiap untuk Menguji Rudal Hipersonik yang Akan Mencapai AS

Editor: Suriawati
Rusia Bersiap untuk Menguji Rudal Hipersonik yang Akan Mencapai AS
Rudal hipersonik Zircon

RAKYATKU.COM - Rusia sedang bersiap-siap untuk melakukan uji coba pertama pada senjata pilihan baru Presiden Vladimir Putin. Itu adalah rudal hipersonik Zircon yang mampu mencapai kecepatan 6.000 mph (9.656 km/jam).

Menurut TV yang dikontrol pemerintah Moskow, senjata itu merupakan pilihan utama Putin untuk memusnahkan sejumlah kota Amerika jika terjadi perang nuklir.

Sebelumnya, apapun yang berkaitan dengan senjata ini sangat dirahasiakan. Tapi hari ini kantor berita TASS melaporkan bahwa uji coba peluncuran rudal (Zirkon) dari kapal angkatan laut direncanakan akan dimulai pada akhir tahun.

"Fregat Laksamana Gorshkov, juga dikenal sebagai Project 22350, dari Armada Utara akan digunakan," kata laporan itu, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di "kompleks industri-militer" Rusia.

Kementerian pertahanan Rusia dilaporkan tidak mengkonfirmasi laporan TASS.

Sebelumnya diyakini bahwa Zircon telah diuji setidaknya lima kali dari situs berbasis darat, dan mampu mencapai kecepatan 1,7 mil per detik.

Loading...

Pada Juni 2017 rudal mencapai delapan kali kecepatan suara.

Rusia Bersiap untuk Menguji Rudal Hipersonik yang Akan Mencapai AS

Menurut laporan, Zircon dirancang untuk digunakan terhadap kapal atau target darat, dan akan memasuki produksi pada tahun 2021. Selanjutnya itu akan memulai layanan pada tahun berikutnya.

Pekan lalu Putin memperingatkan bahwa negara Barat berusaha untuk mencuri rahasia yang berhubungan dengan Zircon dan senjata Rusia canggih lainnya seperti Avangard.

Tags
Loading...
Loading...