Jumat, 08 Maret 2019 22:25 WITA

WNA asal Iran Datangi Disdukcapil Takalar untuk Perekaman KTP-el

Penulis: Ahmad Amiruddin
Editor: Nur Hidayat Said
WNA asal Iran Datangi Disdukcapil Takalar untuk Perekaman KTP-el
Kepala Bidang Pendataan Disdukcapil Ayatullah Daeng Romo.

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Republik Islam Iran melakukan perekaman KTP elekronik (KTP-el) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Takalar.

Adalah Behnam Halem yang diketahui telah lama menetap di Indonesia. Ia juga telah menikahi wanita bernama Suriyani asal Pabentengan, Desa Mannongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Takalar.

Kepala Bidang Pendataan Disdukcapil Ayatullah Daeng Romo mengatakan, Behnam Halem telah mengurus KTP-el, namun saat ini masih belum dilakukan penerbitan.

"Dia ikut dengan istri, karena kawin dengan orang Takalar. Behnam juga telah memenuhi persyaratan untuk di-input dalam data warga negara asing," ucap Ayatullah, Jumat (8/3/2019). 

Behnam juga telah memiliki kartu izin menetap dari Kantor Imigrasi. Selain itu, sejumlah dokumen lainnya telah memenuhi syarat untuk membuatkan biodata warga Negara Iran dalam Kartu Keluarga bersama istrinya. Meski telah memenuhi syarat, pihak Disdukcapil belum menerbitkan KTP-el untuknya.

Loading...

“Ini telah memenuhi persyaratan, dan kemudian itu nanti kita buatkan e-KTP, dengan status warga negara asalnya," tutur Ayatullah.

Namun hingga saat ini, perekaman KTP-el untuk Behnam Halem masih belum juga dilakukan Disdukacapil. Itu karena alat perekaman untuk warga negara asing belum siap.
 
"Belum, karena kita punya peralatan itu belum kita instal untuk perekaman orang asing, tapi kalau KK input biodatanya itu sudah ada. Jadi sudah lengkap biodata, KK dan surat dokumen lainnya," bebernya.

Proses dan tampilan penerbitan KTP-el untuk WNA dan Warga Negara Indonesia (WNI) sebenarnya sama. Hal yang membedakan dalam kartu tersebut hanya penggunaan bahasa.

“KTP elektrik itu sama dengan KTP warga negara Indonesia. Cuman bedanya itu di bahasa, misalnya jenis kelamin laki-laki, dia pakai Bahasa Inggris, male (untuk laki-laki) dan perempuan female. Untuk status kewarganegaraanya itu tertulis juga dari negara asalnya," tutupnya.

Loading...
Loading...