Jumat, 08 Maret 2019 15:46 WITA

"Tak Ada Lagi Sekat, Bahasa Asing Faktor Penentu," Wawali Buka Champlish IAIN Palopo

Editor: Aswad Syam
Wawali Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) membuka Champlish 2019.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Jumat, 8 Maret 2019. Di Aula Gedung Serbaguna Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Wakil Wali Kota Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso (RMB), membuka Champlish ke-14 2019 yang merupakan kegiatan Program Study Bahasa Inggris IAIN Palopo.

Kegiatan yang bertema "Amplify Your Character, Fly Beyond Boundaries" itu, melibatkan peserta siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA dan mahasiswa sekolah tinggi serta universitas se-Sulsel.

Membuka kegiatan tersebut, RMB memberikan apresiasi. Dia berharap, kegiatan terus dikembangkan, dan pesertanya bisa sampai ke tingkat nasional.

"Berada pada zaman global, tidak ada lagi sekat khsususnya di bidang informasi. Oleh karena itu, salah satu faktor yang menentukan saat ini, adalah kemampuan berbahasa asing yang salah satunya bahasa Inggris," ungkap RMB.

Ia juga menegaskan, ke depan akan membuka ruang kerja sama dengan pihak IAIN. Bagi ASN yang ingin menduduki jabatan Eselon, minimal harus mampu berbahasa Inggris atau memiliki sertifikat bahasa Inggris.

Dia menambahkan, kegiatan positif seperti ini, harus didukung oleh infrastruktur serta sarana dan prasarana yang baik. Karena, kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya bagi peserta yang ingin menambah wawasan mereka, khususnya bahasa Inggris.

Di kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Dr. Khairuddin  menyampaikan, Camplish tersebut merupakan kegiatan yang digelar sejak 2005 lalu. Merupakan agenda tahunan dan masih berlanjut hingga saat ini.

Loading...

"Kami berharap untuk kegiatan seperti ini, mendapat dukungan penuh Pemerintah Kota Palopo, khususnya dukungan dari Dinas Pendidikan," harapnya.

Doktor Khairuddin menambahkan, berdasarkan tema yang diusung panitia, yaitu "Amplify Your Character, Fly Beyond Boundaries", ada beberapa lomba yang akan digelar. Di antaranya, debat, story' telling, public speaking dan beberapa kegiatan tambahan lainnya.

"Untuk lomba, kepada semua peserta Champlish, kalian semua adalah pemenang. Namun yang paling penting, bagaimana mengimplementasikan atau mempraktikkan apa yang kita dapat di sini," ucap Dr. Khairuddin memotivasi peserta.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua panitia  Camplish 2019, Dirgantara menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 8 hingga 10 Maret 2019 yang diikuti mulai tingkat SD, SMP, SMA se-Sulawesi Selatan dan perguruan tinggi se-Sulawesi.

"Saat ini sudah ada 300 peserta yang terdaftar. Namun, masih ada sebagian yang masih melakukan  registrasi," jelasnya.

Turut hadir pada pembukaan Camplish, Ketua Program Study Bahasa Inggris, Amalia Yahya SE, M.Hum, Ketua English Student Association, Bahrul Ilmi, para dosen IAIN, serta para peserta Camplish.

Loading...
Loading...