Senin, 04 Maret 2019 14:11 WITA

RS Dadi Siap Rawat Caleg Gagal, Ini Fasilitas dan Biayanya

Penulis: Fathul Khair
Editor: Nur Hidayat Said
RS Dadi Siap Rawat Caleg Gagal, Ini Fasilitas dan Biayanya
Potret salah satu ruangan perawatan di RSKD Dadi Pemprov Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menjelang pencoblosan Pemilihan Legislatif (Pileg), Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Pemprov Sulsel, sudah melakukan persiapan untuk merawat para "caleg gagal" yang mengalami gangguan jiwa.

"RSKD Dadi Sulsel sangat siap dalam hal pelayanan kesehatan jiwa," kata Humas RSKD Dadi Sulsel, Yunus Paraya saat ditemui di ruangannya, Senin (4/3/2019).

Meskipun diakui Yunus, sejak Pileg beberapa tahun lalu, belum ada caleg gagal yang mendapat perawatan gangguan jiwa di rumah sakit yang dibangun 1921 itu. 

"Tapi kalau nanti ada caleg yang dirawat di sini, proses perawatannya sama dengan pelayanan pasien pada umumnya," ujar Yunus.

Lebih jauh disebutkan Yunus, RSKD Dadi Sulsel sangat siap dalam hal pelayanan kesehatan jiwa bagi caleg gagal nanti. Mengingat kesediaan psikiater, psikolog dan perawat yang berpengalaman dimiliki RS Dadi. 

"Serta kesediaan kamar khusus, yang dilengkapi fasilitas-fasilitas istimewa di dalamnya. Seperti ada beberapa ruangan yang dilengkapi tv, ac, kulkas, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Ruang khusus yang disiapkan di RSKD Dadi Sulsel khusus untuk caleg gagal, terdiri 2 kamar VIP Utama, 5 kamar VIP biasa, dan 9 ruangan kelas 1. Ruangan ini, semuanya berada di lantai 3 ruang perawatan "Kasih Sayang". 

Kepala Ruangan RS Dadi, Rosalina mengantar reporter Rakyatku.com melihat isi ruangan khusus yang disiapkan caleg gagal ini. Rosalina pertama mengantar kami ke ruang VIP Utama Kasih Sayang 2.

loading...

Ruang perawatan VIP Utama ini luasnya sekitar 8x10 meter. Ada ruang tamu di bagian depan. Di ruang tamu, disediakan satu set sofa berukuran sedang dan meja bundar. 

Di bagian dalam, 1 buah tempat tidur, 2 sofa, 2 AC, 1 televisi, 1 kulkas, 1 set meja dan kursi makan, serta kitchen set. Harga per malam kamar VIP Utama ini, sebesar Rp1.150.000.

"Itu belum masuk akomodasi, tempat tidur dan makan. Serta pemeriksaan penunjang," kata Rosalina. 

Fasilitas ruang perawatan VIP biasa, tidak jauh berbeda dengan VIP Utama. Hanya ukurannya saja yang berbeda. Harga per malamnya, berkisar Rp785.000. Penjaga pasien, idealnya hanya dua orang saja. 

Dijelaskan Rosalina, untuk saat ini, ruangan itu masih bisa ditempati pasien umum. Katanya, nanti mendekati pencoblosan baru ditutup, dan dibuka khusus untuk caleg. 

"Nanti awal-awal April dibuka untuk caleg. Untuk sementara hanya ruangan ini saja yang kami siapkan dulu. Dan bisa saja ruangannya lebih banyak kita siapkan, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan," lanjutnya.

Loading...
Loading...