Jumat, 01 Maret 2019 18:39 WITA

Tahun Ini, Pusat Gelontorkan Dana Desa Rp2,3 Triliun untuk Sulsel

Penulis: Fathul Khair
Editor: Abu Asyraf
Tahun Ini, Pusat Gelontorkan Dana Desa Rp2,3 Triliun untuk Sulsel
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyebut, tahun ini Sulsel mendapat anggaran dana desa sebesar Rp2,3 triliun. Setiap desa akan mendapatkan dana Rp1,8 miliar.

Nurdin Abdullah berharap, anggaran dana desa terus naik dan dinikmati seluruh desa di Sulsel yang mencapai 2.255 desa. Hal itu tentu sangat bergantung kepada kebijakan pemerintah pusat.

"Mudah-mudahan anggaran dana desa bakal terus naik ke depan dan kita akan support penuh. Provinsi akan hadir untuk membuka dan menambah wawasan para pendamping desa dalam rangka membangun desa," kata Nurdin, Jumat (1/3/2019).

Dia menjelaskan, anggaran dana desa dari pemerintah pusat ke Sulsel totalnya telah mencapai Rp5,7 triliun selama empat tahun terakhir. Dengan anggaran sebanyak itu, kata dia, sudah seharusnya menjadi pemacu kinerja para pendamping desa.

"Anggaran Rp5 triliun lebih dari pemerintahan Presiden Jokowi untuk seluruh desa di Sulsel, bukan jumlah yang kecil. Saya berharap kita betul-betul bekerja sesuai peran yang diamanahkan," ujarnya. 

Menurut Nurdin, kepedulian Presiden Jokowi terhadap rakyat dan seluruh desa di Sulsel sudah sangat besar. Ia berharap pejabat desa terus meningkatkan kapasitas agar bisa semakin mendorong kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing.

Loading...

"Program dana desa dari presiden harusnya berbicara bahwa beliau sangat peduli terhadap rakyat Sulsel dan seluruh desa-desa di Sulsel," tegasnya.

Hal penting selanjutnya, menurut Nurdin, sejauh mana anggaran dana desa tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat. 

"Salah satu kunci suksesnya, kita semua harus menaikkan kapasitas. Kita harus melihat di desa masing-masing, apa yang bisa didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," kata mantan bupati Bantaeng itu.


 

Loading...
Loading...