Kamis, 28 Februari 2019 16:20 WITA

"Kalian Masa Depan Palopo," Ujar Kabadan Kesbangpol Kota Palopo ke Wisudawan IAIN

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Aswad Syam
Prosesi wisuda sarjana dan magister IAIN Palopo, Kamis (28/2/2019).

RAKYATKU.COM, PALOPO - Sekitar 441 orang mengenakan toga, duduk rapi di Gedung IAIN Kota Palopo, Kamis, 28 Februari 2019.

Mereka ada para wisudawan sarjana dan magister ke-26 Tahun Akademik 2018/2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Sebanyak 400 wisudawan/wisudawati sarjana, dan pasca sarjana sebanyak 41, yang kali ini di wisuda oleh IAIN Kota Palopo.

Orasi ilmiah yang disampaikan Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. H. Imam Safe'i M.Pd.

Rektor IAIN Palopo Dr. Abdul Pirol M.Ag, dalam sambutannya menyampaikan, hari ini menjadi hari istimewa Institut Agama Islam Palopo, karena mewisuda 441 mahasiswa sarjana dan magister. 

"Bagi orang tua hari ini mereka melihat hasil dari pengorbanan menjadikan anak-anaknya, anak yang berpendidikan dan bagi masyarakat bertambahnya kaum terdidik dan bertambahnya para sarjana akan diikuti harapan dan tantangan," ujar Abdul Pirol.

Harapannya kata dia, para sarjana akan menjadi pelopor dan pemrakarsa produktivitas di tengah masyarakat. Sedangkan tantangannya, selalu diikuti tuntutan akan terbuka atau tersedianya lapangan pekerjaan. 

Loading...

"Sarjana IAIN palopo memikul tanggung jawab ganda,  tanggung jawab kesarjanaan dan keulamaan, sekaligus artinya alumni IAIN palopo tidak hanya memiliki kompetensi di bidangnya, tapi memiliki tanggung jawab keulamaan, tanggung jawab keulamaan bahwa mereka menjadi kader yang bertanggung jawab merawat keberagaman umat," tambahnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Palopo, Baso Sulaiman, mewakili Wali Kota Palopo, menyampaikan bahwa dunia pendidikan di Kota Palopo saat ini, telah mengalami kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di mana di Kota Palopo telah berdiri beberapa perguruan tinggi yang telah membawa dampak positif bagi kualitas SDM Kota Palopo. 

"Pada tahun-tahun yang akan datang, Kota Palopo akan dipegang wisudawan dan wisudawati, dan merekalah yang akan menjadi pemimpin masa depan di Kota Palopo. Tantangan ke depan telah menanti, tantangan tersebut tidak akan menunggu hingga kita siap tapi hendaknya tantangan tersebut tidak dijadikan hambatan untuk maju tapi dijadikan peluang untuk berkarya," ungkapnya.

Pemerintah saat ini lanjut dia, sangat membutuhkan tangan-tangan terampil lulusan perguruan tinggi. 
"Semoga wisudawan/wisudawati dapat menjadi generasi potensial, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun keimanannya dan ilmu yang didalami dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat utamanya masyarakat Kota palopo," paparnya.

Turut hadir pada rapat senat terbuka di antaranya Ketua Senat IAIN Palopo, Prof. Dr. H.M. Said Mahmud LC. MA, Kejari Palopo, Nur Yalamlan Cahyana, SH., MH, Yang Mewakili Kapolres, Dandim 1403 Swg, beserta jajaran civitas akademik IAIN Palopo.

Loading...
Loading...