Kamis, 28 Februari 2019 04:00 WITA

Sakit Kepala karena Tidak Minum Kopi, Ternyata Ini Penyebabnya

Penulis: Syukur
Editor: Abu Asyraf
Sakit Kepala karena Tidak Minum Kopi, Ternyata Ini Penyebabnya
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang merasa sakit kepala ketika tidak minum kopi dalam sehari. Apa sebenarnya yang terjadi?

Kondisi ini biasanya dialami orang rutin minum kopi setiap hari. Orang dengan kategori ini sudah bisa dianggap kecanduan. Dalam beberapa jam saja tidak minum kopi, kepala langsung terasa berat.

Menurut Thrillist, sakit kepala terjadi karena orang telah kecanduan kafein. Otak mengalami perubahan aliran darah saat berhenti memberinya kafein. Perubahan tersebut menyebabkan sakit kepala berat yang mungkin sudah beberapa kali dialami. Terhentinya asupan kafeinpun membuat orang merasa sangat mengantuk.

Kondisi ini juga dialami orang yang ingin berhenti dari kebiasaan minum kopi. Dampaknya akan dialami selama beberapa hari atau beberapa pekan.

Kafein menghalangi zat kimia yang disebut adenosine dari memberi perintah pada reseptor otak untuk beristirahat. Zat ini punya peran penting untuk perintah tidur dan transfer energi dalam tubuh. Dengan teori tersebut, masuk akal bila asupan kafein membuat orang merasa terjaga.

Loading...

Studi menyebutkan saat orang secara teratur konsumsi kafein, pada akhirnya, otakpun menciptakan lebih banyak reseptor adenosine. Respon tersebut dilakukan terhadap kafein yang terus mengganggu fungsi normal otak.

Banyaknya reseptor adenosine yang terbentuk di otak pecandu kopi membuat mereka jadi lebih mengantuk saat sekali saja tidak mendapat asupan kafein.

Dapat dikatakan, kopi mengubah susunan kimia dalam otak. Hal ini tidak bermasalah jika ingin terus minum kopi. Namun bila ingin berhenti minum kopi, obat sakit kepala atau serangan kantuk harus dialami.

Selain itu ada hal lain yang merupakan tantangan bagi orang yang ingin berhenti minum kopi. Mereka tahu akan mengalami sakit kepala dan serangan kantuk. Atau konsumsi kopi non kafein sebagai pengganti.
 

Loading...
Loading...