Selasa, 26 Februari 2019 08:15 WITA

Departemen Kehakiman AS Lacak USD73,5 Juta Mengalir ke Anak Tiri Najib

Editor: Aswad Syam
Departemen Kehakiman AS Lacak USD73,5 Juta Mengalir ke Anak Tiri Najib
Anak tiri Najib Tun Razak, Riza Aziz (kanan), yang memiliki rumah produksi film, Red Granite Capital.

RAKYATKU.COM, MALAYSIA - Dilansir dari Malaysiakini, penawaran obligasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) 2013 1, dialihkan ke rekening pribadi Eksekutif Senior dana pemerintah dan dua orang Arab Saudi, yang menyalurkan sebagian uang itu ke perusahaan produksi Hollywood anak tiri Najib, Riza Aziz dan Joey McFarland. 

Dokumen yang diajukan oleh Departemen Kehakiman AS (DoJ) di California, untuk memulihkan aset senilai USD38 juta menunjukkan, ada USD37,5 juta ditransfer ke mantan Direktur Eksekutif Strategi Grup 1MDB, Jasmine Loo Ai Swan, mantan Direktur Pelaksana dana kekayaan negara Abu Dhabi Perusahaan Investasi Minyak Internasional (IPIC) Khadem Abdulla al-Qubaisi, dan mantan CEO anak perusahaan IPIC Aabar InvestmentsPJS Mohamed Al-Husseiny. 

Transaksi yang berlangsung antara bulan April dan Mei 2013, dilakukan dari Rekening Bank Riyadh di Arab Saudi yang dipegang oleh seseorang yang dijuluki "Saudi Associate 2". 

Loo menerima USD10 juta, Khadem USD24 juta dan mantan istri Mohamed, Suaad al-Attas, USD39,5 juta. 

Dari jutaan yang diterima oleh ketiganya, Loo membayar USD3,1 juta pada properti London melalui Red Mountain Global Ltd, sementara Mohamed menghabiskannya di properti New York bernama Oceana 57 seharga USD4,1 juta. 

Khadem, yang dituduh sebagai penerima penipuan keuangan 1MDB, meminjamkan USD4,2 juta kepada Red Granite Capital, yang dimiliki oleh Riza Aziz. 

Loading...

Pinjaman tersebut dilakukan melalui Telina Holdings yang dimiliki oleh Khadem dan terdaftar di surga pajak, Kepulauan Virgin Britania Raya. 
Khadem juga diduga mendanai pembelian 43,37% perusahaan manajemen fasilitas di Kentucky, yang diyakini berada di negara bagian asal McFarland. 

Serangkaian transaksi lain juga dilakukan kepada Red Granite Investment Holdings, yang sepenuhnya dimiliki oleh Riza dan eksekutif lainnya yang dijuluki "Perusahaan 1 Eksekutif 1". 

Dilaporkan, McFarland menerima USD3,5 juta dari "Perusahaan 1" pada Januari 2015 dan mentransfer USD1,5 juta ke akun pribadi Riza. Pada bulan sebelumnya, "Perusahaan 1" menghabiskan USD28,1 juta untuk membeli kembali saham dari Red Granite Investment Holdings dan McFarland melalui perusahaan afiliasi yang disebut New FM Acquisition Company. 

Perusahaan sejak itu mendepositkan dana dalam rekening penampungan yang dipegang oleh firma hukum internasional yang berbasis di AS bernama Squire Patton Boggs. 

Reuters melaporkan, Departemen Kehakiman AS telah membuat pengarsipan sipil baru, untuk memulihkan aset-aset baru ini melalui obligasi yang diatur oleh Goldman Sachs, menempatkan upaya penyitaan total mereka menjadi USD1,7 miliar.

Loading...
Loading...