Minggu, 24 Februari 2019 17:06 WITA

Turun Langsung Padamkan Kebakaran Hutan, Panglima TNI: Perintah Presiden Jokowi

Editor: Abu Asyraf
Turun Langsung Padamkan Kebakaran Hutan, Panglima TNI: Perintah Presiden Jokowi
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turun langsung memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Bengkalis, Riau, Sabtu (23/2/2019).

RAKYATKU.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turun langsung memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Bengkalis, Riau, Sabtu (23/2/2019).

Dalam video yang diunggah di akun Twitternya, Minggu (24/2/2019), Panglima tampak memegang ujung selang dan menyemprotkannya ke lahan yang terbakar.

"Kemarin, saya langsung terbang ke Pekanbaru atas perintah Presiden Jokowi dan bersama prajurit TNI ke titik api di Bengkalis. Segala upaya dan alutsista akan kami kerahkan untuk memadamkan api," cuit Hadi Tjahjanto.

Panglima berencana membuat balon besar yang diisi air kemudian dijatuhkan ke titik-titik api dengan diangkut menggunakan pesawat Hercules. 

Ide itu muncul setelah melihat upaya pemadaman karhutla di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Pemadaman api di dalam gambut sangat sulit dilakukan. Apalagi, peralatan pemadam saat ini juga terbatas. 

Loading...

"Yang pertama kita upayakan bikin modifikasi hujan buatan. Kemudian yang kedua kita upayakan dengan water bombing menggunakan sling," ungkap Hadi seperti dikutip dari Kompas.com.

Namun, ide ini masih akan dikaji apakah memungkinkan pesawat Hercules mengangkut air dengan kontainernya berupa karet atau seperti balon besar, yang mungkin beratnya 100-200 kilogram kemudian dilempar ke titik api. 

Dia menyebutkan, saat ini sudah ada satu unit helikopter Puma TNI AU yang ditempatkan di Pekanbaru untuk mengangkut personel maupun logistik. 

"Heli Puma bisa mengangkut muatan 3,5 ton apabila diperlukan untuk personel dan logistik. Seperti yang kita lihat disini perlu mungkin bahan makan dan sebagainya, harus kita dorong dengan menggunakan heli," sebut Hadi.

Loading...
Loading...