Sabtu, 23 Februari 2019 15:08 WITA

Tes CAT PPPK Makassar, Peserta Kesulitan Gerakkan Kursor Pakai Tetikus

Penulis: Deni Indrawan
Editor: Aswad Syam
Tes CAT PPPK Makassar, Peserta Kesulitan Gerakkan Kursor Pakai Tetikus
Suasana tes CAT PPPK Pemkot Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ujian kompetensi dan wawancara calon Aparatur Sipil Negara (ASN) jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) berlangsung hari ini, Sabtu (23/2/2019).

Namun, sejumlah kendala tak terhindarkan dihadapi peserta ujian PPPK yang mayoritas berusia 35 hingga 50 tahun.

Peserta ujian PPPK mengalami saat khendak memulai dan menjawab soal ujian, karena sebagian besar peserta tidak memiliki kecakapan mengoperasikan komputer yang menjadi alat vital ujian.

Berdasarkan pantauan Rakyatku.com, peserta ujian PPPK kesulitan menggerakkan kursor dengan menggunakan tetikus.

Peserta ujian juga kesulitan memasukkan token atau password menggunakan keyboard komputer, untuk mengakses soal yang akan dijawab.

Loading...

Karena sulit menggunakan tetikus untuk memindahkan kursor, para peserta terkendala beralih ke soal selanjutnya yang akan dijawab, karena kesulitan mengklik tombol berikut yang tertera pada layar komputer.

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepagawaian BKPSDMD Kota Makassar, Kadir Masri, membenarkan kendala yang dialami para peserta ujian PPPK yang berbasis Computerized Asisted Test (CAT).

"Kita maklum, karena umurnya sudah ada yang 50 tahun lebih. Mereka juga minim pengalaman. Tapi, alhamdulillah setelah dipandu panitia, para peserta akhirnya bisa melewati ujian," terang Kadir ditemui Rakyatku.com di lokasi ujian PPPK di SMK Negeri 2 Makassar.

Loading...
Loading...