Sabtu, 23 Februari 2019 11:38 WITA

Perusahaan Dubai Ingin Memanggang Kopi di Luar Angkasa

Editor: Suriawati
Perusahaan Dubai Ingin Memanggang Kopi di Luar Angkasa
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah startup yang berbasis di Dubai memiliki keinginan untuk memanggang kopi di luar angkasa.

Anders Cavallini dan Hatem Alkhafaji, dua pendiri Space Roasters, percaya bahwa tidak adanya gravitasi bisa menjadi rahasia untuk memanggang kopi dengan sempurna.

Mereka berencana meluncurkan kapsul ruang angkasa yang penuh dengan biji kopi ke ruang angkasa. Semua itu kemudian akan dipanggang menggunakan panas yang dihasilkan oleh atmosfer, sebelum dikirim kembali ke bumi.

Menurut teori kedua pria itu, kopi dipanggang secara tidak merata di bumi, karena beberapa dari mereka bersentuhan dengan permukaan panas dari roaster konvensional.

Tapi dalam kondisi tanpa gravitasi, kacang akan mengambang bebas di oven yang dipanaskan. Karena panas didistribusikan secara merata, itu akan menghasilkan daging panggang yang hampir sempurna.

Itu hanya teori, tetapi mereka siap untuk mengujinya dengan mengirimkan kapsul berisi 300kg biji kopi ke ketinggian 200 km.

Cavallini dan Alkhafaji bertemu saat mempelajari ilmu ruang angkasa di International Space University (ISU) di Strasbourg, Prancis.

Kedua pria itu telah menyajikan rincian konsep pemanggang ruang angkasa mereka dalam edisi terbaru di jurnal luar angkasa Room.

Loading...

Sederhananya, mereka ingin membuat kapsul khusus, yang disebut Space Roasting Capsule, menempelkannya ke roket, dan mengirimkannya ke ketinggian 200 km dan kemudian memanggang kopi di lingkungan tanpa gravitasi.

Mereka telah mematenkan teknologi dan dilaporkan dalam pembicaraan dengan perusahaan roket swasta seperti Rocket Lab dan Blue Origins untuk meluncurkan kapsul mereka sekitar tahun depan.

Karena proses ini akan memakan biaya yang tidak sedikit, maka sudah bisa dipastikan bahwa kopi panggang luar angkasa akan dijual dengan harga yang tinggi pula.

Dalam sebuah wawancara dengan The National, Hatem Alkhafaji mengatakan bahwa secangkir kopi akan berharga beberapa ratus dolar.

"Ini akan menelan biaya sekitar $200 hingga $400 (Rp2,8 juta hingga Rp5,6 juta) per cangkir," kata pendiri Space Roasters itu.

“Kami tahu itu super tinggi untuk rata-rata orang, tapi ada banyak orang yang akan membayar sebanyak itu."

Tags
Loading...
Loading...