Jumat, 22 Februari 2019 18:42 WITA

Kopilot Rekam Pilot China Airlines Tidur di Kokpit Saat Terbangkan Boeing 747

Editor: Aswad Syam
Kopilot Rekam Pilot China Airlines Tidur di Kokpit Saat Terbangkan Boeing 747
Pilot China Airlines tertidur saat menerbangan pesawat.

RAKYATKU.COM, TIONGKOK - Seorang pilot China Airlines, telah difilmkan tidur siang di kokpit pesawat jet penumpang yang dikemudikannya. 

Klip 30 detik itu, difilmkan oleh co-pilot, menunjukkan pilot Boeing 747 menundukkan kepalanya ke depan dengan mata tertutup, saat pesawat sedang terbang. 

Pilot diidentifikasi sebagai Weng Jiaqi, seorang perwira senior untuk China Airlines, maskapai nasional Taiwan, dengan pengalaman hampir 20 tahun, menurut laporan media. 

Video itu muncul hanya beberapa hari, setelah pilot China Airlines mengakhiri pemogokan tujuh hari, yang belum pernah terjadi sebelumnya atas masalah seperti kelelahan pilot dan jam kerja yang panjang. 

Meskipun tidak diketahui kapan insiden itu terjadi, maskapai itu menjawab mengatakan, bahwa klip itu direkam sebelum pemogokan baru-baru ini.  

Weng dikatakan sebagai pilot Boeing 747 paling senior di maskapai ini, dengan hampir 20 tahun pengalaman terbang terutama Tokyo, Okinawa, Seoul, dan Hong Kong. 

Pilot kepala juga merupakan instruktur yang bertanggung jawab atas simulasi di Pusat Pelatihan Penerbangan China Airlines.

Menghadapi tuduhan termasuk mengabaikan prosedur keselamatan penerbangan, pilot dikatakan telah menerima hukuman yang memadai. Seperti sebuah pernyataan dari China Airlines.

"Kelelahan tidak bisa dihindari. Tetapi sebagai perwira senior, pilot seharusnya memberikan contoh yang baik untuk bawahannya," seorang pilot China Airlines yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada EBC News. 

Loading...

"Jika pilot benar-benar terlalu lelah, dia bisa memberi tahu anggota kru dan meminta mereka mengamati kondisi Anda," tambahnya.  

Co-pilot juga telah didisiplinkan karena tidak membangunkan pilot. 

Pedoman menyatakan, pilot dapat tidur di kokpit pada penerbangan yang lebih panjang dalam apa yang dikenal sebagai istirahat terkendali. Tetapi biasanya prosedur akan dilakukan dengan kursi ditarik ke belakang dan pilot tidak berada di dekat kontrol. 

Biro Penerbangan Sipil Taiwan menyatakan, jika pilot telah terbang selama lebih dari 12 jam, mereka harus diberikan setidaknya 24 jam libur. 

Pemogokan tujuh hari yang belum pernah terjadi sebelumnya, secara resmi berakhir Kamis lalu, setelah maskapai dan Persatuan Pilot Taoyuan menandatangani perjanjian, yang membahas keluhan tentang pekerjaan yang berlebihan dan kelelahan pilot setelah empat putaran negosiasi. 

Mereka juga mencapai konsensus tentang pelatihan dan promosi co-pilot transparan, serta penggantian manajer maskapai yang bertanggung jawab atas hubungan kerja. 

Sekitar 70 persen dari 1.300 pilot kapal induk milik serikat pekerja. Pemogokan itu memengaruhi sekitar 200 penerbangan dan 25.000 penumpang. 

Loading...
Loading...