Jumat, 22 Februari 2019 08:55 WITA

Menikah Sesama Perempuan, Pasangan PM Serbia Lahirkan Bayi Laki-laki

Editor: Abu Asyraf
Menikah Sesama Perempuan, Pasangan PM Serbia Lahirkan Bayi Laki-laki
PM Serbia Ana Brnabic

RAKYATKU.COM,BEOGRAD - Rasanya tidak mungkin. Namun, kenyataannya pasangan Perdana Menteri Serbia Ana Brnabic akhirnya melahirkan anak pertama mereka.

Pasangan Brnabic itu bernama Milica Djurdjic. Nama bayi laki-laki mereka diberi nama Igor. Djurdjic yang berprofesi sebagai dokter hamil melalui inseminasi buatan. Dia dan Brnabic bertemu di sebuah bar khusus pasangan LGBT di ibu kota, Beograd.

Brnabic (43) menjadi perdana menteri perempuan sekaligus lesbian pertama di Serbia. Dia menjadi perdana menteri sejak Juni 2017.

Serbia merupakan negara yang konservatif secara sosial; dan homofobia adalah hal biasa. Konstitusi negara secara eksplisit mendefinisikan pernikahan adalah antara laki-laki dan perempuan, sehingga pasangan LGBT tidak diakui secara resmi.

Pasangan seks yang sama juga dilarang mengadopsi anak, meskipun warga lajang dapat mengadopsi terlepas dari orientasi seksual mereka.

Loading...

Saat menghadiri Pride Parade di Beograd pada 2017, Brnabic menolak untuk mengomentari apakah dia ingin melihat pernikahan sesama jenis dilegalkan di negaranya.

"Saya tidak bisa memberikan pendapat pribadi saya sekarang karena saya di sini sebagai perdana menteri yang mewakili pemerintah Serbia," katanya saat itu.

Meskipun negara tersebut memiliki berbagai tindakan hukum yang menangani identitas gender dan diskriminasi anti-gay, aktivis HAM mengatakan bahwa implementasinya buruk.

Loading...
Loading...