Jumat, 22 Februari 2019 08:07 WITA

HUT ke-59, Pangkep Dihadiahi Ambulans Laut Senilai 1,8 Miliar

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
HUT ke-59, Pangkep Dihadiahi Ambulans Laut Senilai 1,8 Miliar

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan kado istimewa pada HUT ke-59 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) berupa satu unit ambulans laut, Kamis (21/2/2019). 

Ambulans laut ini diserahkan oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah kepada Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid Batara.

“Tentu masyarakat kita di pulau harus menjadi perhatian kita,” kata Nurdin Abdullah dalam rilis yang diterima Rakyatku.com.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Bachtiar Baso mengatakan, ambulans laut dianggarkan pada Anggaran Perubahan tahun 2018 di Dinkes Sulsel. Anggaran pengadaan ambulans laut ini sebesar Rp 1,8 miliar. 

Hingga tahun 2023 mendatang, Dinas Kesehatan Sulsel akan menambahkan empat unit lagi untuk kabupaten kota lainnya.

“Fungsinya adalah sebagaimana fungsi ambulans darat yang beroperasi di laut,” kata Bachtiar Baso.

Loading...

Lebih lanjut, Bachtiar menyampaikan ambulans ini akan melayani masyarakat yang bermukim di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep. Utamanya warga pulau yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

“Dengan ambulans ini untuk penanganan pelayanan kesehatan yang terjangkau di pulau-pulau, pelayanan penyakit menular, tidak menular, stunting dan gizi buruk/malnutrisi, serta pelayanan kesehatan lainnya,” jelasnya.

Ambulans ini juga dapat digunakan untuk penelitian kesehatan yang akan dikerjasamakan dengan fakultas kedokteran serta kabupaten/kota yang menggunakan.

“Penelitian juga akan kerja sama Unhas di bidang kemaritiman dengan nama kegiatan pelayanan kesehatan berbasis maritim,” ujar Bachtiar.

Dengan spesikasi kapal cepat mesin tempel dengan daya 400 PK, ambulans ini dilengkapi sejumlah fasilitas seperti ruang tindakan medis dan ruang perawatan, serta alat operasi bedah. 
 

Loading...
Loading...