Kamis, 21 Februari 2019 11:50 WITA

Foto-foto Kebakaran Pacuan Kuda Hong Kong 1 Abad Lalu Terjual Rp73 Juta

Editor: Suriawati
Foto-foto Kebakaran Pacuan Kuda Hong Kong 1 Abad Lalu Terjual Rp73 Juta
Foto: BNPS

RAKYATKU.COM - Sebuah album foto berisi foto-foto kebakaran mengerikan di Hong Kong, yang terjadi lebih dari 100 tahun lalu terjual £4.000 (Rp73,2 juta). Harga itu fantastis karena sepuluh kali lipat dari perkiraan awal.

Album foto lama itu dibeli oleh seorang pemburu barang murah di sebuah boot penjualan mobil di Sussex seharga hanya 50 sen.

Itu berisi 20 foto hitam putih langka yang menggambarkan kebakaran Happy Valley Racecourse pada tahun 1918, yang mengakibatkan kematian lebih dari 600 orang.

Pada awalnya, pemiliknya tercengang ketika pakar Lazarus Halstead dari Chiswick Auctions, London barat, memberikan perkiraan harga £400 pada barang itu.

Namun setelah dilelang, album itu terjual sepuluh kali lipat dari perkiraan. Itu dibeli seorang kolektor yang berbasis di Hong Kong.

Tragedi Happy Valley Racecourse dilihat sebagai bagian penting dari sejarah Hong Kong dan Tiongkok dan tidak banyak foto yang mengabadikannya.

Loading...

Happy Valley Racecourse dibangun di atas lahan rawa pada tahun 1845 untuk menyediakan pacuan kuda bagi orang-orang Inggris di Hong Kong, dan kemudian menjadi semakin populer di kalangan penduduk China.

Perlombaan diadakan setiap tahun pada bulan Februari. Dan pada 26 Februari 1918, tribun sementara yang dibangun untuk menampung penonton tambahan runtuh dan menimpa 3.000 orang.

Keruntuhan itu kemudian menjatuhkan warung makan, yang membuat anyaman bambu terbakar api. Diperkirakan total 614 orang tewas kala itu.

Album yang baru dilelang ini diyakini sebagai salah satu dari sejumlah kecil kenang-kenangan resmi yang dibuat untuk mengenang peristiwa mengerikan dalam sejarah Hong Kong.

Foto-foto menunjukkan asap tebal mengepul dan ratusan orang melarikan diri dari tempat kejadian.

Tags
Loading...
Loading...