Rabu, 20 Februari 2019 18:12 WITA

HUT Ke-59, Kabupaten Barru Bertabur Kado, Nurdin Abdullah Disambut "Kokoronotomo"

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Aswad Syam
HUT Ke-59, Kabupaten Barru Bertabur Kado, Nurdin Abdullah Disambut
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (kiri) bersama Bupati Barru, Suardi Saleh pada peringatan HUT Barru yang ke-59.

RAKYATKU.COM, BARRU - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru yang ke-59, berlangsung semarak. Kegiatan bertema "Dengan semangat yassiberrui kita bangun karya melalui pelayanan pemerintah berbasis elektronik"
itu, digelar di Lapangan Sumpang Binanagae, Kecamatan Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (20/12/2019).

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, hadir bersama Ketua Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F. Nurdin dan jajaran unsur Forkopimda Sulsel.

Mereka disambut Bupati Barru Suardi Saleh, beserta Ketua TP PKK Barru, Hasnah Syam, serta sejumlah unsur Forkopimda Barru.

Begitu tiba di Lapangan Sumpang Binangae, Gubernur Sulsel dan rombongan disambut lagu Jepang berjudul "Kokoronotomo" oleh kelompok paduan suara yang terdiri dari puluhan mahasiswa.

HUT Ke-59, Kabupaten Barru Bertabur Kado, Nurdin Abdullah Disambut

Lagu itu dipopulerkan oleh Mayumi Itsuwa, seorang penyanyi kawakan Jepang ini, mulai masuk dan merasuki hati publik Indonesia pada tahun 1980-an. Sesekali tampak Nurdin Abdullah ikut bernyanyi.

Dalam rangkaian acara, Kabupaten Barru menerima banyak kado istimewa. Kado pertama dari Gubernur Sulsel, yang menyerahkan bantuan anggaran kepada Bupati Barru. Anggaran yang diterima sebesar Rp29,9 miliar.

Bantuan itu diperuntukkan untuk dua item proyek, yakni proyek Rest Area di Desa Lawallu, Kecamatan Soppeng Riaja senilai Rp27,5 miliar dan pembangunan ruas jalan Takkalasi-Baenange-Lawo menuju Kabupaten Soppeng senilai Rp2,4 miliar.

Kado lainnya yang diterima Pemkab Barru, yakni bantuan 1 unit bus sekolah dari Kementerian Perhubungan, 1 unit mobil mesin press sampah dari Kementerian PUPR, 1 unit mobil dapur umum dari Kementerian Sosial, dan 1 unit mobil ambulans dari Pemprov Sulsel.

Loading...

Masih pada momen yang sama, Gubernur Sulsel juga menandatangani secara simbolik peresmian 5 dari 10 prasasti proyek Pemkab Barru tahun 2018.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang diberikan Pemprov Sulsel kepada pemerintah Kabupaten Barru, merupakan dorongan untuk percepatan pembangunan.

"Kami berharap dengan bantuan dari Pemprov Sulsel ke Kabupaten Barru, dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Infrastrukturnya di Barru semakin baik. Tidak ada lagi jalan yang tidak diaspal," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

"Saya mengajak seluruh Bupati di Sulawesi Selatan untuk sama-sama terjun ke lapangan, membenahi segala sesuatu permasalahan yang ada. Pemprov dan pemkab haru bersinergi dengan baik. Dengan APBD Pemprov Sulsel sebesar Rp10 triliun, kami siap mendukung pembangunan di seluruh daerah," sambungnya.

Sementara Bupati Barru, Suardi Saleh mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Sulsel yang telah hadir, dalam hari jadi Kabupaten Barru yang ke-59. 

Bagi Suardi Saleh, makna peringatan hari jadi merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas kekuatan, kemudahan, serta kemampuan juga perlindungan yang diberikan kepada warga Barru sampai pada hari ini.

"Sehingga harapan untuk mewujudkan masa depan Kabupaten Barru yang lebih baik, dapat terwujud menjadi kenyataan," ujar Suardi Saleh.

Loading...
Loading...