Rabu, 20 Februari 2019 11:37 WITA

Ngeri! Begini Penampakan Jari Tangan Pemain Yoyo Profesional

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ngeri! Begini Penampakan Jari Tangan Pemain Yoyo Profesional

RAKYATKU.COM - Gambar sinar-X yang mencolok menunjukkan jaringan gelap arteri dan vena yang membawa darah dari pergelangan tangan ke ujung jari, kecuali di jari telunjuk, yang bercahaya dengan rona putih hantu.

Gambar tersebut adalah angiogram -suatu jenis teknik pencitraan medis yang mengungkapkan pembuluh darah dan arteri setelah mereka dibanjiri dengan pewarna khusus. Jika darah mengalir dengan baik, ia membawa pewarna melalui jaringan percabangan pembuluh darah, yang muncul sebagai garis-garis gelap pada gambar.

Angiogram ini mengungkapkan kurangnya aliran darah di jari telunjuk kanan David Schulte, alias Dazzling Dave, seorang pemain yo-yo profesional, dikutip dari Live Science, Rabu (20/2/2019).

Jadi apa yang menyebabkan citra yang tidak biasa itu? Pada awal 2005, Schulte mengalami cedera saat berada di North Dakota. Dia melakukan demonstrasi dan memberikan pelajaran di sekolah-sekolah, yang menyerukan yo-yo-yo hampir konstan selama 8 hingga 12 jam berturut-turut, katanya kepada Live Science.

Dia memperhatikan bahwa ketika tangannya menjadi dingin, jari telunjuknya di tangan kanannya mulai merasa dingin lebih cepat dan butuh waktu lebih lama untuk pemanasan daripada jari-jari lainnya. 

Sekitar seminggu setelah dia kembali ke rumahnya di Minnesota, jari yang sama mulai mengubah warna yang tidak biasa -merah, biru dan ungu gelap- mendorong Schulte untuk mencari perawatan medis.

Loading...

Dokternya merekomendasikan angiogram. "Dan kemudian saya mendapatkan gambar yang benar-benar keren dan menarik dan itu menunjukkan tidak ada darah yang melewati jari kedua jari telunjuk," kata Schulte. 

Diagnosis itu bukan gumpalan darah, seperti yang dicurigai dokternya pertama kali. Itu adalah vasospasme, penyempitan tiba-tiba pembuluh darah, kemungkinan sebagai respons terhadap yo-yo Schulte yang berulang kali melambung dan mengenai jari itu selama tujuh hingga 10 tahun terakhir, ia menulis dalam posting blog yang ia terbitkan pada saat itu.

"Spesialis tangan itu berkata, 'Tunjukkan pada saya bagaimana Anda melakukan trik yo-yo,' dan saya menunjukkan kepadanya salah satu trik yang paling sering saya gunakan, yang merupakan pukulan keras yang benar-benar sulit," kata Schulte. "Dan dia berkata, 'Oh ya, itu bisa menyebabkannya.'"

Dokter meresepkan pengencer darah, yang diambil Schulte selama sebulan; jarinya kembali ke warna normal, kata Schulte.

Tags
Loading...
Loading...